Pelanggaran Admob dan Cara Menghindarinya

terdapat enam kategori perilaku pelanggaran admob, untuk menghindarinya caranya adalah menghindari klik tidak valid secara sengaja atau tidak sengaja.
Pelanggaran Admob dan Cara Menghindarinya

Pelanggaran admob adalah suatu hal yang sangat dihindari oleh seorang pengembang. Karena perilaku tersebut mampu menimbulkan sanksi seperti pembatasan sementara hingga pemblokiran akun. 

Pelanggaran sendiri merupakan sebuah tindakan yang tidak sesuai atau melanggar ketentuan – ketentuannya. Perilaku ini mengarah pada memperoleh keuntungan klik secara manipulatif. 

Admob sendiri adalah sebuah fasilitas dari Google kepada pengembang agar mampu memperoleh uang dari monetisasi aplikasinya. Monetisasi dilakukan dengan pemasangan iklan dalam aplikasi. 

Setiap kali iklan tayang atau di klik, maka pengembang atau developer mendapatkan kompensasi sesuai dengan ketentuan. Sehingga semakin banyak klik, maka semakin banyak juga pendapatannya. 

Admob tidak hanya bermanfaat bagi pengembang, tetapi juga pengguna dan pengiklan. Bagi pengguna mereka bisa memanfaatkan beberapa reward atau keuntungan lainnya dari iklan. 

Sedangkan bagi pengiklan, mereka mampu menjangkau audiens baru untuk produknya. Terlebih apabila aplikasinya memiliki tipe dan karakteristik serupa dari produk yang diiklankan.
 
Untuk meningkatkan ekosistem iklan yang kondusif, Google sangat melarang keras adanya berbagai bentuk upaya manipulatif. Karena baik pengguna atau pengiklan akan dirugikan dari tindakan tersebut. 

Ada beberapa bentuk perilaku yang telah dikategorikan sebagai pelanggaran atau upaya manipulatif. Untuk mampu menghindarinya maka perlu memahami berbagai bentuk pelanggarannya. 

Apa Saja Bentuk Pelanggaran Admob?

Fasilitas Google ini memang memberikan kemudahan dalam memperoleh iklan serta melakukan monetisasi terhadapnya. Dengan demikian developer mampu mendapatkan dukungan finansial nya. 

Namun harus mengikuti berbagai kebijakan perilaku. Tidak patuh terhadap kebijakan Google maka dianggap melakukan pelanggaran serta mampu dikenai sanksi pembatasan. 

Pelanggarannya meliputi : 

1. Klik tidak valid

Pelanggaran admob pertama terdapat tayangan atau klik yang tidak valid. Pada dasarnya iklan harusnya dilihat oleh orang yang tertarik, upaya menambah klik maka dikategorikan pada pelanggaran. 

Manipulasi seperti penggunaan robot atau bahkan pengembang mengklik sendiri adalah salah satu bentuknya. Google telah memiliki sistem yang rapi dan canggih untuk deteksi dini upaya kecurangan ini. 

2. Format iklan tidak sesuai

Kedua adalah penempatan serta format iklan yang kurang sesuai. Salah satunya adalah spamming iklan hingga mengganggu kenyamanan atau interaksi pengguna dengan konten aplikasi. 

3. Kompensasi iklan

Ketiga yaitu melakukan monetisasi terhadap aplikasi dengan program kompensasi. Apabila terdapat aplikasi untuk mengarahkan mengklik iklan atau meningkatkan trafik, dilarang menggunakan admob. 

4. UGC (User Generated Content)

Pelanggaran admob keempat berupa perilaku menampilkan konten orang lain dalam iklannya. 

Hal tersebut tentunya melanggar kebijakan hak intelektual orang lain karena ditampilkan tanpa izin terlebih dahulu. 

5. Sub-Sindikasi

Kelima adalah melakukan kegiatan sub-sindikasi ataupun mediasi. Untuk mengaktifkan admob serta memanfaatkannya pengembang harus terhubung langsung dengan Google tanpa melalui perantara. 

6. Personalisasi iklan

Keenam yaitu tidak mengikuti aturan apabila melakukan personalisasi iklan. Melalui personalisasi, mampu membantu menjangkau audiens lebih luas dan relevan, bila tidak diikuti aturannya termasuk melanggar. 

Secara umum terdapat 6 perilaku yang dikategorikan sebagai pelanggaran dari admob. 

Oleh karenanya sebelum memasang alangkah baiknya menghindari perilaku – perilaku tersebut.
 

Efek dan Dampak Bagi Pengembang

Ketika melakukan pelanggaran admob, tentunya konsekuensi yang akan dihadapi adalah memperoleh sanksi dari tim. 

Sanksi bisa beragam, mulai dari pembatasan, penghentian iklan, hingga pemblokiran akun. 

Akibatnya pemilik tidak lagi mampu menayangkan iklannya pada aplikasinya. Hal ini tentunya berdampak sangat signifikan terhadap dukungan finansial pengembangan aplikasinya. 

Salah satu bentuk nyata ketika dikenai sanksi adalah menurunnya pendapatan. Sumber pendapatan aplikasi terdapat dua hal, yaitu melalui pembayaran pada aplikasi ataupun tayangan iklannya. 

Tentu saja dari sekian banyak pengguna atau pemain, hanya beberapa yang mau atau bersedia melakukan pembelian. Iklannya menjadikan alternatif pemasukan tambahan yang lebih menjanjikan. 

Efek lainnya bisa berdampak pada kinerja dari aplikasinya ataupun game yang telah dirancang. 

Terkadang ada fitur menonton iklannya agar memperoleh in game reward tertentu. 

Tentunya ketika terdapat pembatasan fitur tersebut tidak akan berjalan optimal. Dengan demikian akan merugikan penggunanya yang mengandalkan fitur tersebut dalam bermain game. 

Ketika memperoleh sanksi, hal pertama adalah tidak panik dan kaget berlebihan. Terutama apabila mendapati pembatasan, hal itu menunjukkan tim sedang meninjau ulang trafik Anda. 

Kedua haruslah tetap membuat konten – konten dan meninjau ulang pemasangan iklannya. 

Pastikan tidak ada perilaku melanggar ketentuan atau potensi pelanggaran dari admob tidak disengaja. 

Cara Jitu Menghindari Pelanggaran Admob

Cara paling rasional dan termudah agar tidak melanggar yaitu membaca serta mempelajari kembali beragam ketentuannya terlebih dahulu sebelum memasang iklannya. 

Terkesan simpel tetapi merepotkan, namun langkah itu harus dilalui demi menjaga keamanan dan kenyamanan Anda. Untuk membantu Anda, berikut kami berikan tips jitu. 

  • Tips pertama yaitu menggunakan fitur iklan percobaan untuk mengecek iklannya. Hal ini karena pengembang dilarang keras melakukan klik pada iklannya sendiri walau sekedar memeriksanya. 

  • Tips kedua yaitu tempatkan ads sesuai dengan proporsi serta formatnya. Pelajari format banner, intersitisial, serta native untuk optimasi agar terhindar dari pelanggaran admob. 

  • Tips ketiga yaitu hindari bekerja sama dengan pihak ketiga tidak bertanggung jawab. Mereka berpotensi terhadap kontribusi klik tidak valid meskipun tidak adat ajakan atau suruhan Anda. 

  • Tips keempat berupa keseimbangan ads dengan kontennya. Pastikan tidak banyak menempatkan ads apabila kontennya sedikit. Hal itu bisa dikategorikan ads tanpa konten, melanggar aturan. 

  • Tips kelima berupa menghindari upaya yang menimbulkan klik secara tidak sengaja pada iklannya. Kondisi itu dianggap sebagai klik tidak valid serta berpotensi mendapatkan sanksi. 

Memang cukup banyak kebijakan – kebijakan terkait dengan perilaku melanggar, namun dengan berhati – hati mampu mencari cara menghindarinya. Sehingga tetap memperoleh keuntungan dari admob.

Konsultasikan dan Percayakan Pada Daringspot

Daringspot merupakan sebuah platform dengan fokus pada perkembangan teknologi informasi. 

Daringspot aktif membagikan berbagai konten edukatif dan informatif seputar teknologi. 

Melalui keterampilan serta pengetahuan, bertekat untuk membantu para pengembang pemula mengoptimalkan potensi mereka. 

Demi merealisasikannya, dibentuklah jasa penanganan seputar permasalahan teknologi. 

Termasuk permasalahan mengenai pelanggaran admob, Daringspot sangat ahli di bidang tersebut. 

Hal ini terbukti dari kinerja pengembangan berbagai aplikasinya di Google play store

Sehingga untuk lebih yakin bahwa tidak ada perilaku melanggar atau membantu identifikasi, bisa memanfaatkan jasa konsultasinya terlebih dahulu. Dengan demikian bisa terhindar dari sanksi. 

Daringspot memberikan pelayanan terbaik dengan berorientasi pada pemecahan masalah kliennya. 

Melalui pelayanan itu, klien tidak hanya terima jadi saja, tetapi juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu. 

Keterlibatan memahami permasalahan serta mencari solusinya menjadikan klien lebih aware.

Sehingga mampu menghindari potensi – potensi kegiatan melanggar lainnya. 

Untuk memesan jasanya atau mencari informasi lebih lanjut, bisa mengunjungi situs resminya di www.daringspot.com. Bisa juga melalui kontak yang tertera di website kami. 

Pelayanannya sangat ramah dan profesional, sehingga Anda akan sangat terbantu ketika memanfaatkan jasanya. 

Tidak perlu ragu lagi, segera coba layanannya dan nikmati manfaatnya!

Menghindari perilaku menyimpang atau melanggar aturan merupakan sebuah kewajiban bagi seorang pengembang. 

Dengan demikian dirinya mampu memanfaatkan fitur admob secara penuh serta memperoleh dukungan finansial. 

Kejelian mempelajari serta menyusun penayangan iklan pada aplikasi buatan Anda merupakan keharusan pertama kali sebelum memasangnya. 

Apabila khawatir masih melakukan pelanggaran admob, bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya yaitu daringspot.com.
Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment