Jasa Edit Foto Online Cepat, Murah dan Berkualitas Pesan Sekarang

Table of Content

Sebenarnya bitcoin itu apa sih?

Bitcoin Itu Apa Sih? Mari Kita Coba Cari Tahu Penjelasannya Disini! Pertanyaan yang berbunyi “Sebenarnya bitcoin itu apa sih?” sering ditanyakan

Bitcoin Itu Apa Sih?

Bitcoin Itu Apa Sih? Mari Kita Coba Cari Tahu Penjelasannya Disini!

Pertanyaan yang berbunyi “Sebenarnya bitcoin itu apa sih?” semakin sering dipertanyakan oleh kalangan banyak, karena tingkat kepopuleran bitcoin seiring berjalannya waktu semakin mengalami peningkatan, tak terkecuali di kalangan masyarakat Indonesia. 

Maka dari itu, kami dengan sengaja menulis artikel ini supaya orang-orang yang sedang mencari tahu arti sebenarnya dari bitcoin bisa mengetahuinya dengan mudah.

Singkatnya Bitcoin itu sendiri adalah mata uang yang bersifat digital dan digunakan secara elektronik.
 

Selain itu, sistem distribusi dari bitcoin juga sama, yaitu dilakukan secara elektronik. 

Jika kamu masih merasa bingung dengan arti sebelumnya, kamu bisa menggunakan arti lainnya, yaitu sebuah jaringan peer-to-peer yang terdesentralisasi.

Apa maksud dari jaringan peer-to-peer yang terdesentralisasi ini? 

Maksudnya adalah mata uang yang tidak diterbitkan secara resmi oleh bank atau pemerintah mana pun, jadi mata uang yang satu ini tidak ada yang bisa mengontrolnya.

Kelebihan bitcoin itu apa sih?

Bagi seseorang yang sudah cukup memahami apa itu cryptocurrency, mungkin mereka pasti akan bisa lebih memahami apa itu bitcoin, karena bitcoin termasuk salah satu jenis crypto currency.

Saldo bitcoin akan disimpan dengan sebuah “kunci” publik dan pribadi. Saldo bitcoin ini merupakan kombinasi panjang dari angka maupun huruf yang terhubung melalui enkripsi algoritma matematika yang digunakan pada saat membuatnya.

Nah, tentu semua hal di dunia ini diciptakan dengan kelebihannya masing-masing, jadi begitu pun juga dengan bitcoin, bitcoin juga memiliki kelebihannya tersendiri yang wajib untuk kamu ketahui, yaitu:

  • Transaksi pribadi yang aman dengan biaya yang sedikit
  • Potensi pertumbuhan besar
  • Terhindar dari bank tradisional atau perantara pemerintah

Kelebihan-kelebihan ini tentu akan sangat menguntungkan bagi para pengguna bitcoin. Selain itu, bisa dikatakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki bitcoin ini juga masih belum diketahui oleh banyak orang.

Arti dari istilah yang terdapat pada bitcoin

Untuk memahami lebih jelas lagi cara kerja dari bitcoin, ada beberapa hal yang perlu untuk kamu ketahui terlebih dahulu. Beberapa hal ini adalah istilah-istilah yang terdapat pada bitcoin atau beberapa istilah yang biasa digunakan pada saat melakukan transaksi bitcoin. 

Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa istilah-istilah yang akan kami sebutkan di bawah nanti, sangatlah penting untuk kamu ketahui jika kamu benar-benar ingin terjun ke dunia bitcoin.

Berikut penjelasan lengkap mengenai istilah-istilah yang terdapat pada bitcoin:

1. Blockchain

Block Chain adalah sebuah kode sumber terbuka yang mendukung berjalannya bitcoin. Blockchain berfungsi untuk membuat buku besar publik bersama. 

Jadi, setiap transaksi dapat diibaratkan sebagai “blok” yang “dirantai” ke kode, membuat catatan permanen dari setiap transaksi.

2. Kunci pribadi dan publik

Selain blockchain, istilah kunci pribadi dan publik juga sering kita temui pada saat melakukan transaksi bitcoin. 

Istilah ini terdapat pada dompet bitcoin, jika kunci publik sebanding dengan nomor rekening bank, kunci pribadi sebanding dengan PIN ATM.

Kemudian, hal ini akan bekerja sama dalam memungkinkan pemiliknya menandatangani transaksi secara digital. Selain itu, kunci pribadi dan publik juga akan memberikan bukti otorisasi yang akurat.

3. Penambang bitcoin atau mining bitcoin

Hal ini merujuk ke penambang atau anggota platform peer-to-peer secara independen mengonfirmasikan atau memastikan transaksi menggunakan komputer yang berkecepatan tinggi.

Selain itu, penambang bitcoin juga akan dibayar dalam mata uang bitcoin untuk usaha yang telah dilakukannya.

Sampai disini apakah pertanyaanmu yang berbunyi Bitcoin itu apa sih?” sudah terjawab?

Jika kamu masih belum memahami penjelasan di atas, kamu bisa membacanya kembali selama beberapa kali, maka kamu pasti akan bisa memahaminya dengan mudah.

Silahkan Share kepada temanmu dan jangan lupa untuk membaca beberapa artikel menarik kami lainnya

Semoga bermanfaat!

Post a Comment