Jasa Edit Foto Online Cepat, Murah dan Berkualitas Pesan Sekarang

Table of Content

Cara Buat Game Kuis Android Cuma 5 Menit

Cara Buat Game Kuis Android Cuma 5 Menit. Saat ini membuat sebuah game Android berupa aplikasi tidak sesulit yang kita bayangkan.

Cara Buat Game Kuis Android

Cara Buat Game Kuis Android Cuma 5 Menit

Saat ini membuat sebuah game Android berupa aplikasi tidak sesulit yang kita bayangkan. Tidak perlu mengerti kode atau coding program komputer.

Sekarang kita sudah berada di era teknologi semi 4.0. Dimana saat ini setiap orang tidak hanya menjadi penikmat semata, tapi juga bisa menjadi pemain.

Jika dulu di Indonesia, katakan saja sekitar tahun 2000-an kebawah. Koran, majalah, radio dan Televisi begitu sangat populer. Setiap orang berlomba-lomba untuk bisa show up pada media tersebut.

Karena hanya media-media tersebut yang bisa menyiarkan segala fasilitas seperti berita, hiburan hingga periklanan dan bisnis.

Hadirnya internet dikancah Nasional membuat hampir 180° pola hidup manusia berubah drastis.

Segalanya dilakukan dengan simpel, mudah dan efesien. Tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi para pelaku usaha atau pembisnis.

Karena jika tidak mengikuti trend sistem pasar yang ada, maka sudah pasti akan terpelanting oleh mereka yang cepat beradaptasi dengan perubahan zaman.

Oke, mungkin intro nya sudah cukup. Mari kita lanjut pada pembahasan utama kita yaitu Cara Buat Game Kuis Android Cuma 5 Menit dengan browser.

Sebenarnya cepat atau lamanya tergantung pada jumlah soal pada quiz atau pertanyaan yang hendak kamu buat. Semakin banyak soal pertanyaan, tentu akan semakin lama pembuatan aplikasi quiz tersebut.

Cara ini bisa kamu lakukan via smartphone atau PC/laptop. Yang penting terkoneksi dengan internet.

Cara Buat Game Kuis Android 

1. Buka Browser

Setelah mengaktifkan koneksi internet pada PC atau smartphone, buka browser atau mesin pencari. Lalu kunjungi Appsgeyser.com, lalu klik.

2. Daftar dan Login 

Setelah anda mengunjungi situs tersebut, silahkan daftar terlebih dahulu dengan akun Gmail yang aktif atau anda bisa login dengan akun Facebook yang anda miliki.

Atau mungkin jika anda sebelumnya pernah daftar pada situs Appsgeyser sebelumnya, pilih login lalu masukkan alamat email dan password.

3. Create App

Setelah berhasil membuat akun pada situs atau telah login, kamu akan diarahkan pada dashboard utama situs.

Silahkan klik atau pilih Create App atau jika kamu menggunakan smartphone tap tanda plus samping kanan atas layar.

Cara Buat Game Kuis Android

4. Pilih Individual

Setelah itu kamu akan diarahkan ke dua menu pilihan, Bisnis atau Individu. Apakah ingin membuat aplikasi untuk meningkatkan bisnis yang kamu punya? Atau untuk mulai mendapatkan penghasilan dari aplikasi buatan mu?

Karena aplikasi buat kuis di Android ini bisa menghasilkan uang, maka pilih individual.

Cara Buat Game Kuis Android

5. Pilih Quiz

Kamu akan dibawa pada halaman yang berisi banyak pilihan untuk membuat aplikasi dan game Android.

Karena kebutuhan kita saat ini akan membuat aplikasi kuis, maka silahkan pilih Quiz seperti pada gambar berikut ini..

Cara Buat Game Kuis Android

Setelah memilih Quiz, baca tentang keterangan dan cara membuat aplikasi tersebut. Jika sudah dipahami, silahkan tekan NEXT.

6. Buat Ketegori Soal

Tulisan yang diakhiri dengan tanda bintang merah (*) artinya kolom atau syarat yang wajib dilengkapi.

Silahkan isi Nama Kategori Quiz, contohnya disini saya memberi kategori pertanyaan pertama dengan kumpulan soal seputar Geografi.

Cara Buat Game Kuis Android

Jika sudah memberi nama kategori soal atau kuis, kamu diharuskan meng-upload gambar tentang kategori tersebut. Tujuannya supaya orang yang mengerjakan kuis yang kamu buat akan lebih mengenali tentang kategori kuis yang telah kamu buat.

Atau pada kolom tersebut kamu bisa memilih jenis soal dan jawaban sesuai kebutuhan, kamu bisa membuat soal berupa pertanyaan berupa; teks, gambar, menggosok gambar dan menebak empat gambar.

Sedangkan bisa pula membuat jawaban berupa; multipel choice, benar/salah, menyusun huruf dan menebak dengan empat gambar.

Semua tergantung kebutuhan mu. Tapi kali ini untuk mempermudah pada tutorial kali ini, saya hanya akan mencontohkan dengan membuat pertanyaan dan jawaban berupa teks dan multiple choice a, b, c, d.

7. Buat Pertanyaan dan Jawaban

Setelah selesai membuat nama Kategori dan meng-upload gambar kategori, selanjutnya inilah tugas utama Anda.

Memasukkan kumpulan soal-soal berupa pertanyaan dan jawaban. Namun perlu diperhatikan baik-baik, Question text yaitu berupa pertanyaan yang akan dijawab oleh pemain nantinya.

Lalu ketik pertanyaan yang benar pada kolom kedua dibawah tulisan Correct answer, jangan sampai salah!

Lalu kolom ketiga, keempat dan kelima barulah isi dengan jawaban yang salah.

Cara Buat Game Kuis Android

Setelah pertanyaan dan jawaban pertama selesai, tap + Add more untuk menambah soal kedua dan seterusnya.

Jika ingin menghapus pada nomor soal, tap/klik tombol x berwarna merah dipojok kanan kolom. Sedangkan jika ingin menambahkan kategori baru, klik + More di bawah kolom, lalu masukkan nama kategori beserta gambar kategori seperti pada poin keenam diatas.

8. Upload Background Game 

Katakanlah kamu sudah menyelesaikan seluruh pertanyaan dan jawaban kuis. Selanjutnya masukkan background game atau kuis ini, background ini akan berbeda nantinya dengan background kategori soal.

Periksa ulang kembali seluruh pertanyaan dan jawaban kuis yang telah kamu buat, supaya setelah aplikasi dibuat tidak ada kesalahan.

Cara Buat Game Kuis Android

Jika sudah terisi klik NEXT paling bawah

9. Desain Warna dan Suara

Selanjutnya yaitu opsi untuk mendesain aplikasi atau game kuis dengan cara merubah warna dan menambah suara game agar lebih menarik.

Hal ini opsi atau tidak diharuskan, karena tidak ada tanda (*) bintang merah. Jika kamu tidak ingin meng-upload suara atau audio pun, masih bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya. Jika sudah, klik NEXT.

10. Memberi Nama Aplikasi

Memberi nama game atau aplikasi ini saya sangat menyarankan, jika aplikasi tersebut hendak di publish ke Playstore. Saya sarankan untuk meriset terlebih dahulu kata kunci, agar jika aplikasi dicari oleh user nantinya akan mudah ditemukan

Cara Buat Game Kuis Android

Jika tidak ingin sesuai keyword pun tidak masalah. Kamu bebas memberi nama aplikasi buatan mu apa saja, yang penting masih berhubungan dengan isi aplikasi.

Contohnya disini saya memberi aplikasi saya dengan nama Quiz Geografi.

11. Memberi Icon Aplikasi

Upload ikon game kuis buatanmu supaya  menarik dan mudah dikenali, jika aplikasi untuk di publish ke Playstore, gambar icon app harus original alias tidak boleh sama dengan gambar icon aplikasi lain. Tinggi dan lebar ikon harus 512x512 pixel, karena sesuai ketentuan Google play.

Cara Buat Game Kuis Android

Setelah meng-upload icon, klik/tap NEXT, lalu klik  lagi CREATE APP. Tunggu beberapa menit aplikasi sedang di Generate.

12. Download Aplikasi

Setelah ter Generate, kamu akan kembali ke dashboard berarti tandanya aplikasi buatanmu sudah berhasil dibuat.

Kamu hanya tinggal mendownload nya saja dengan klik tanda download diatas disamping nama aplikasi yang telah kamu buat.

Pilih model download aplikasi, apakah berupa scan QR, melalui email, atau berupa link. Pilih yang mana saja sesuai kebutuhan. Jika sudah tunggu proses download hingga selesai.

Atau kamu pun bisa membagikan nya pada teman untuk segera mencoba memainkan aplikasi buatan mu itu.

13. Selesai

Jika selesai mendownload aplikasi, kamu sudah bisa menginstalnya pada hp android mu. Evaluasi kekurangannya, lalu perbaiki lagi dengan cara edit pada dashboard aplikasi lalu unduh ulang.

14. Upload ke Playstore

Cara Buat Game Kuis Android yang terakhir yaitu dengan mempublikasikannya ke Playstore supaya lebih banyak lagi orang yang mengunduh aplikasi kuis keren buatan mu dan mulai menghasilkan uang!

Namun jangan khawatir, jika kamu tidak memiliki akun Google Developer kamu tetap bisa publish aplikasi mu ke Playstore dengan cara memanfaatkan Jasa Upload Aplikasi ke Playstore Daringspot. Harga terjangkau, kualitas terpercaya!

Penutup

Nah, itu tadi cara-cara step by step Cara Buat Game Kuis Android. Silahkan bereksperimen supaya kamu menemukan aplikasi kuis yang lebih baik lagi. 

Cara-cara diatas sama sekali tidak membutuhkan ilmu kode program atau coding, tinggal drag and drop 5 Menit aplikasi buatanmu sudah jadi. Terlebih membuat aplikasi tersebut gratis, alias tidak mengeluarkan biaya sepeserpun.

Silahkan bagikan, atau jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah ini. Selamat mencoba!

Cara Buat Game Kuis Android

Post a Comment