Jasa Edit Foto Online Cepat, Murah dan Berkualitas Pesan Sekarang

Table of Content

Cara Membuat Konten Puisi Untuk YouTube

Buat kamu penikmat puisi, bisa coba cara membuat konten puisi untuk YouTube berikut ini.
Cara Membuat Konten Puisi Untuk YouTube

Daringspot.com - Puisi merupakan kumpulan kata-kata sajak dan bait yang indah dan penuh makna. Tersirat banyak barisan kata-kata yang membuat kita terbawa olehnya, terlebih pembawaan nya penuh penghayatan dan nada yang selaras.

Buat kamu penikmat puisi dan kebetulan ingin membuat channel di YouTube, kamu bisa banget menggunakan ide konten dengan bertemakan puisi ini.

Konten dengan niche puisi ini pun bisa dikatakan banyak peminatnya.

Meski kamu tidak begitu mahir membuat bait-bait puisi, kamu bisa membacakan puisi dari para ahli pembuat puisi, namun dengan catatan tetap harus memberikan keterangan siapa pengarang original dari Puisi tersebut.

Seperti yang kita ketahui, buat kamu penikmat puisi mungkin sudah tidak asing lagi dengan Norman Adi Satria.


Dimana dia membuat konten-konten untuk channel YouTube nya berisikan kumpulan puisi-puisi menarik untuk disimak.

Selain kata-katanya yang keren, pembawaannya pun sangat menarik ditelinga.

Membuat kita tak bosan untuk memutar nya berulang-ulang.

Tak terlalu banyak kosakata yang sulit untuk dipahami, namun tetap dikemas dengan epik.

Bagi saya pribadi yang awam akan ilmu sajak dan puisi ini pun, puisi-puisi yang dibawakan olehnya menurut saya sangat baik, dimana disampaikan dengan simpel, mudah dimengerti, namun tetap bermakna.

Terlebih jika kamu seorang ahli dalam pembuatan puisi, bisa coba untuk memulai membuat puisi lalu mengemasnya menjadi konten di sebuah channel YouTube.

Berikut kami berikan tutorial simpel, cepat dan mudah buat kamu yang tertarik untuk membuat channel YouTube dengan konten puisi.

Cara Membuat Konten Puisi Untuk YouTube

Cara Membuat Konten Puisi Untuk YouTube ini kami berikan bagi pemula yang masih bingung konten apa yang akan di buat. Dan jika memang kamu kebetulan seorang ahli dalam pembuatan atau penggemar puisi kamu bisa melakukan step by step tutorial Cara Membuat Konten Puisi Untuk YouTube dibawah ini tanpa perlu menggunakan alat-alat atau tools bagus untuk memulai.

1. Rekam Suara

Jika sudah menemukan bait puisi yang akan dibawakan, latih terlebih dahulu untuk cara bagaimana kamu menyampaikan puisi tersebut.

Latih intonasi nada, ekspresi wajah (jika menampilkan) dan kelancaran dalam pengucapan dari setiap kata-katanya.

Lalu mulai rekam dari aplikasi perekam suara bawaan handphone mu. Dan jika kamu belum merasa puas dengan hasil rekamannya, kamu bisa merekam menggunakan aplikasi anchor.

Anchor sendiri yaitu aplikasi untuk merekam suara dengan hasil yang lumayan jernih untuk podcast, seperti yang sudah saya alami, jika kita memasang musik pada suara yang kita rekam lalu mempublikasikan nya ke YouTube pun, backsound musik tidak terkena copyright.

2. Temukan Backsound Yang Tepat

Cara Membuat Konten Puisi Untuk YouTube selanjutnya temukan Backsound yang tepat sesuai dengan tema puisi yang kamu bawakan, genre musik apa yang pas, sinematik kah, dramatis, mood, jazz dan lain sebagainya.

Ada banyak pilihan musik gratis yang bisa kita gunakan di YouTube Music Library, kita bisa mendownload nya melalui beranda studio.youtube.com di akun Studio YouTube kita, lalu mencari genre musik sesuai kebutuhan dengan cara memfilter nya dan memutarnya terlebih dahulu untuk melihat musik yang cocok kemudian mendownloadnya.

3. Siapkan Footage / Background Video

Untuk footage atau background video pada Konten YouTube puisi kita nantinya, kita bisa menggunakan video Creative Commons dari YouTube.

Cara menemukan video footage yang dapat kita gunakan tanpa terkena copyright atau hak cipta, kita tinggal menggunakan filter pada pencarian YouTube, lalu pilih opsi 'Creative Commons' video yang akan kita gunakan sebagai konten tidak akan terkena hak cipta oleh YouTube.

Atau lebih mudah nya lagi kita bisa menggunakan foto dan menambahkan spektrum pada foto agar video tetap terlihat bergerak.

Atau bisa juga kita merekam video sendiri dari sekitar kita.

4. Edit Video & Audio

Setelah melakukan perekaman, menemukan backsound dan background untuk konten video puisi kita, langkah selanjutnya Cara Membuat Konten Puisi Untuk YouTube yaitu menyatukan semuanya melalui aplikasi atau software edit video.

Jika kita belum memiliki laptop atau PC yang support pengeditan video, saat ini sudah banyak aplikasi pengeditan video gratis dari Playstore yang dapat kita gunakan untuk mengedit video.

Seperti aplikasi Kinemaster, InShot dan masih banyak lagi. Kamu bisa bereksperimen lebih lanjut mana yang kira-kira mudah, simpel dan cepat untuk mengedit video dan audio mu.

5. Publish

Oke tahap terakhir Cara Membuat Konten Puisi Untuk YouTube yaitu silahkan publish hasil karya mu ke YouTube dan semua sosial media yang kamu miliki.

Lakukan promosi berulang-ulang. Karena melakukan promosi ke seluruh sosial media yang kita miliki Sangat membantu untuk menambah jumlah view maupun subscribers.

Penutup

Nah, mungkin hanya itu Cara Membuat Konten Puisi Untuk YouTube. Untuk pertama kali memulai karya di YouTube video yang kita publish tak perlu harus bagus seperti para profesional.

Para profesional pun dahulunya pertama kali mereka berkarya di YouTube hasil video tak sebagus video mereka saat ini.

Karena mereka melakukannya setiap hari secara konsisten, berulang-ulang setiap minggunya bahkan setiap hari, maka skill editing video yang mereka miliki semakin bagus.

Oke itulah Cara Membuat Konten Puisi Untuk YouTube. Semoga membantu, jika perlu ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.***

Cara Membuat Konten Puisi Untuk YouTube

Post a Comment