Memahami NFT dan Jenis Produk Jualnya

Kebanyakan karya tersebut masuk dalam NFT. Apa itu NFT? Dan apa saja yang bisa dijual di NFT sebagai karya yang memiliki nilai?
Memahami NFT dan Jenis Produk Jualnya

Bila Anda rutin membuka sosial media, mungkin tidak asing lagi seperti karya digital berupa konten menarik yang memiliki nilai. Kebanyakan karya tersebut masuk dalam NFT. Apa itu NFT? Dan apa saja yang bisa dijual di NFT sebagai karya yang memiliki nilai?

Walau terasa familiar atau umum bermunculan di banyak media sosial, karya-karya yang terkadang terkesan 'biasa saja' itu dilatarbelakangi hak cipta lho. Sama seperti karya seni pada umumnya, konten tersebut bisa tergolong sebagai properti atau aset dalam bentuk unik dan spesial.

Mengenal NFT (Non-Fungible Token)

Bagaimana peran NFT untuk memberi hak cipta pada suatu karya digital? Apa itu NFT? 'Fungible' memiliki arti berupa aset atau properti unik. Sementara 'token' bisa diartikan menjadi sertifikat kepemilikan.

Jadi Non-Fungible Token adalah sertifikat kepemilikan atas aset khusus yang tidak bisa ditukarkan dengan mudah karena memiliki nilai khusus karena keunikannya. Kebanyakan karya digital seperti meme, ilustrasi, maupun bentuk lainnya dibuat oleh seseorang.

Kemudian karya tersebut tersebar melalui internet yang selanjutnya memungkinkan untuk dicetak, digunakan, atau juga dipatenkan oleh banyak orang. Nah, untuk menghindari masalah hak cipta tersebut, maka karya terkait didaftarkan dan dijual ke NFT.

Apa Saja yang Bisa Dijual di NFT dan Seperti Apa?

Tidak sedikit masyarakat umum dan pengguna internet yang bingung dengan produk, juga sistem jual beli di NFT. Sebab bila Anda telusuri, bentuk karya yang terdaftar pun cukup abstrak. Penjualan karya ini pun bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk Anda.

Beberapa karya seni digital yang bisa dijual di antaranya:
  • Meme. 
  • Foto. 
  • Gambar atau ilustrasi. 
  • Kata-kata motivasi. 
  • Dialog yang unik. 
  • Konten yang muncul sebagai 'the first' ataupun 'the last'.

Masih banyak jenis dan bentuk karya seni yang bisa dijual di NFT. Masih belum terbayang? Contoh sederhana, screen capture yang menangkap tweet pertama dari pengguna Twitter ternama saat awal sekali media sosial tersebut muncul telah terdaftar NFT.


Mengapa bisa? Karena hasil screen capture tersebut merupakan hal bersejarah bagi perkembangan dan kemunculan media sosial Twitter.

Contoh lain, foto seorang anak yang sedang tersenyum penuh maksud dengan latar belakang kebakaran. Foto tersebut banyak diedit dan digunakan menjadi meme untuk berbagai konten di media sosial. Foto itu pun terdaftar jadi karya NFT.

Bisa disimpulkan apa saja yang bisa dijual di NFT yaitu karya seni dalam bentuk digital unik dan hanya satu-satunya di dunia.

Cara Menjual Karya Seni di NFT

Jika Anda tidak bisa berkreasi dalam pembuatan seni digital pun Anda masih tetap bisa mengoleksi  NFT dengan cara membeli NFT lalu menjualnya kembali. Berikut ini beberapa cara sederhana bagi Anda yang tertarik dengan dunia NFT pada seni digital ini

Memiliki karya menarik dalam bentuk digital dan ingin Anda jual di NFT?

1. Deposit Aset Crypto

Langkah pertama ialah dengan menyiapkan mata uang digital. Kebanyakan para seniman atau pemilik karya menggunakan mata uang dari Kripto berupa Ether atau Polygon.

Penggunaannya ini berbasis blockchain yang mana semuanya terdaftar dan terdata di jejaring internet, sehingga bisa diakses rinci secara terbuka oleh banyak pengguna internet pada sistem blockchain ini.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kerugian yang bisa disebabkan oleh adanya peretasan, penipuan, pemalsuan, atau juga perubahan.

2. Registrasi Market NFT


Market Place NFT terbesar dan terpopuler saat ini yaitu Opensea. Bagi Anda pemula bisa mulai membuat akun pada situs Opensea dengan gratis dan mengintregasikan E-Wallet melalui Meta Mask. Lalu lakukan registrasi dan pendaftaran karya melalui situs OpenSea.io dan Ikuti arahan dari website tersebut atau menggunakan aplikasi nya.

3. Mulai Berkarya

Bila karya milik Anda di-acc, kontrak pun akan dirilis atas kesepakatan bersama.
Adanya jual beli karya berbentuk digital melalui NFT ini cukup mendapat apresiasi dari masyarakat, khususnya seniman. 

Selain bentuk apa saja yang bisa dijual di NFT sangat beraneka ragam, para ahli teknologi pun menganggap NFT ini efisien dalam menghargai karya seni digital. 

Memahami NFT dan Jenis Produk Jualnya

Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment