4 Cara Mengetahui TV Digital atau Analog Dengan Mudah

Berikut mengetahui apakah TV Led termasuk TV digital atau tidak berikut cara merubah TV analog ke digital menjadi informasi yang banyak dicari.
Cara Mengetahui TV Digital atau Analog - Dalam rangka menyambut program digitalisasi televisi yang akan dilakukan oleh Pemerintah Indonesia mulai bulan April 2022 ini, maka banyak sekali anggota masyarakat yang mencari informasi tentang cara mengetahui TV digital atau analog.

Nantinya program digitalisasi dengan melakukan penghentikan siaran televisi analog atau analog switch off (ASO) yang dilakukan oleh Pemerintah melalui Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) akan dilakukan melalui 3 tahap. 

Pelaksanaan tahap pertama ASO dijadwalkan selesai paling lambat pada tanggal 30 April 2022. ASO akan dilanjutkan kembali pada tahap kedua yaitu paling lambat pada 25 Agustus 2022. Sedangkan ASO tahap ketiga terjadwal paling paling lambat selesai pada 2 November 2022. 

Dengan adanya program ASO ini, maka cara mengetahui TV Led digital atau analog berikut mengetahui apakah TV Led termasuk TV digital atau tidak berikut cara merubah TV analog ke digital menjadi informasi yang banyak dicari dan dibutuhkan.

Jika ingin tahu cara mengetahui TV digital atau analog ataupun penasaran apa sih perbedaan TV analog dan digital, silahkan ikuti dan simak uraian penjelasannya pada uraian artikel yang ada di bawah ini.

Mengenal TV Digital

Pertanyaan besar pada sebagian besar masyarakat awam ketika menghadapi program ASO dari pemerintah adalah, apakah yang dimaksud dengan TV digital itu? Lalu bagaimanakah cara mengetahui TV digital atau analog?

Sebenarnya TV digital adalah sama dengan bentuk TV analog yang biasanya disaksikan. Satu-satunya perbedaan mendasar antara TV analog dan TV digital adalah pada pancaran sinyal dari kedua siaran tersebut. 

Ciri-ciri TV sudah digital adalah memiliki kualitas gambar yang jernih serta tak lagi berbentuk TV tabung. Meski hal tersebut bukan satu-satunya pembeda namun kedua ciri tersebut dapat digunakan sebagai cara mengetahui TV digital atau analog secara instan.

Sedangkan secara teknis, cara mengetahui TV digital atau tidak adalah melalui pancaran sinyal yang dimilikinya. Pada jenis TV analog, sinyal hanya akan dibatasi pada jenis sinyal analog yang mirip dengan sinyal radio. 

Sedangkan untuk TV digital, maka akan memiliki kemampuan untuk melakukan proses baik pada sinyal digital maupun sinyal analog, atau keduanya secara sekaligus. 

Nantinya bagi masyarakat umum pemilik TV analog untuk dapat merasakan layanan siaran televisi digital, akan memerlukan bantuan sebuah alat pendukung. Perangkat pendukung tersebut dinamakan dengan set top box (STB). 

STB ini nantinya akan memiliki fungsi sebagai alat yang akan melakukan konversi sinyal digital sehingga akan dapat merubah sinyal menjadi gambar dan suara. Perubahan tersebut memungkinkan dapat ditampilkan di televisi analog biasa.

Cara Mengetahui TV Digital Atau Analog

Cara Mengetahui TV Digital atau Analog

Bagaimana cara mengetahui TV kita digital atau analog itu sangat mudah. Hal tersebut dapat dilakukan melalui beberapa langkah sebagai berikut:
  1. Langkah pertama sebagai cara mengetahui TV digital atau analog adalah lakukan akses pada web https://siarandigital.kominfo.go.id/.
  2. Pada bagian paling atas, klik opsi Perangkat TV Digital. Di dalamnya akan terdapat 3 isian tentang Nama Perangkat, Merek, dan Model/Tipe. Inputlah data sesuai dengan informasi yang diminta berdasarkan detail TV yang dimiliki.
  3. Apabila jenis TV yang dimiliki ternyata sudah berupa TV digital maka menu sudah akan tersedia di dalam boks. Di dalam menu tersebut juga akan terdapat alat untuk melakukan pengecekan Set Top Box. 
  4. Akan tetapi apabila TV yang digunakan masih berbentuk sebuah TV analog, maka  dapat melakukan pengecekan merek STB yang dapat digunakan pada perangkat televisi.

Skema Distribusi TV Analog Ke Masyarakat Miskin

Dari cara mengetahui TV digital atau bukan, maka diketahui jika dibutuhkan perangkat pendukung berupa STB. Lalu bagaimana dengan golongan anggota masyarakat kurang mampu yang tak memiliki dana untuk membeli STB?

Program ASO yang akan dan sekaligus sedang dijalankan oleh Pemerintah ini membawa konsekuensi penyediaan STB bagi para warga masyarakat yang termasuk pada golongan kurang mampu.

Pada golongan masyarakat strata ekonomi ini Pemerintah pun mengagendakan melakukan distribusi STB melalui skema pemberian agar tepat pada sasaran. Nantinya skema pemberian yang dilakukan oleh pihak Kementerian Kominfo adalah sebagai berikut:
  1. Bantuan Pemerintah berupa perangkat STB akan dikirim ke lokasi penyimpanan penyelenggara program atau Pos Logistik yang terdapat di kabupaten atau kota. 
  2. Petugas pelaksana kemudian akan melakukan verifikasi untuk melakukan validasi data penerima bantuan. Proses verifikasi tersebut akan dilakukan dengan menunjukkan KTP dan KK serta surat kepemilikan TV. Apabila di dalam proses terdapat data yang tidak sesuai, maka perangkat akan dikembalikan lagi ke Gudang penyimpanan.
  3. Apabila data sesuai maka petugas langsung melakukan serah terima bantuan STB dan melakukan instalasi STB hingga dapat digunakan sesuai fungsinya. 
  4. Untuk pendataan, petugas melalui aplikasi WhatsApp akan melakukan pemindaian QR Code yang terdapat pada layar TV yang sudah terpasang STB. Berikutnya petugas akan memasukkan data penerima bantuan berupa nama, NIK dari KK, alamat, foto dan KTP dari sang penerima bantuan.
  5. Pada langkah terakhir, petugas akan membuat berita acara serah terima STB bantuan.

Cara Mengubah TV Biasa Menjadi TV Digital

Setelah paham bagaimana cara mengetahui TV digital dan analog, maka pertanyaan besar selanjutnya adalah, apakah ada cara untuk mengubah TV biasa menjadi TV digital? 

Jawabannya adalah tentu saja ada dan caranya juga sangat mudah.

Untuk melakukannya maka dibutuhkan set top box, atau yang disingkat sebagai STB. STB sendiri adalah alat untuk melakukan konversi sinyal digital sehingga dapat berubah menjadi gambar dan suara yang dapat muncul pada jenis TV Analog biasa. 

Untuk melakukan pemasangan STB, pemilik TV hanya perlu untuk memasukkan kabel penghubung atau konektor audio dan video ke dalam port yang terdapat di badan pesawat televisi. 

Cara Mencari Siaran Digital Melalui STB 

Selain harus paham cara mengetahui TV digital atau analog, pemilik TV saat ini juga harus tahu bagaimana cara mencari siaran TV digital. 

Untuk melakukannya, silahkan ikuti tutorial langkahnya berikut ini:
  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah hubungkanlah TV analog dengan STB. 
  2. Selanjutnya nyalakan TV dan masukkan ke dalam mode AV. 
  3. Berikutnya nyalakanlah STB.
  4. Dari remot STB, tekan tombol Menu, lalu cari dan pilih sub menu "Pencarian Saluran" lanjutkan dengan tekan tombol "Pencarian Otomatis".
  5. Tunggu beberapa saat hingga TV berhasil mendapatkan sinyalnya.
  6. Jika proses berhasil, langsung pilih opsi Simpan.
  7. Nah jika sudah maka untuk selanjutnya TV analog akan selalu secara otomatis menampilkan siaran digital.

Kesimpulan

Demikianlah uraian tentang cara mengetahui TV digital atau analog, semoga dapat bermanfaat.

Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment