Usaha Wedding Organizer Tanpa Modal, Apa Bisa?

apakah mungkin memulai sebuah usaha wedding organizer tanpa modal dapat dilakukan simak trik berikut ini sehingga hal tersebut bukan mustahil
Banyak orang penasaran apakah usaha wedding organizer tanpa modal dapat dilakukan secara realistis. Pertanyaan tersebut sering keluar karena sekarang industri WO sedang kembali bergeliat.

Usaha Wedding Organizer Tanpa Modal, Apa Bisa?

Pendek kata memulai sebuah bisnis tanpa modal finansial sama sekali masih mungkin apapun itu bentuknya. Namun jika kita berbicara tanpa modal sekalipun baik itu finansial, skill, atau jaringan jelas tidak mungkin.

Oleh karena itu kami disini tidak akan membodohi Anda dengan judul yang cukup clickbait. Namun akan kami jelaskan bagaimana memulai jasa wedding organizer atau event organizer lainnya menggunakan modal paling minim.


Bahkan bisa dikatakan kita bisa menggunakan mulut dan sepasang lutut sebagai modal utamanya. Kemana kita akan membawa dua organ tubuh tersebut agar menjadi sebuah usaha jangan kemana-mana.

Akan kami bedah bagaimana masuk dalam dunia EO menggunakan modal paling sedikit. Namun perlu disadari metode ini kurang disarankan karena perkembangan usaha wedding organizer menggunakan tanpa modal akan sangat lama.

5 Trik Usaha Wedding Organizer Tanpa Modal

Ada lima pendekatan yang dapat kita lakukan agar seseorang dapat memulai bisnis ini tanpa banyak mengeluarkan anggaran. Skill dibutuhkan juga cukup dasar sehingga hampir semua orang pasti bisa menggunakannya.

1. Networking 

Tidak punya uang untuk memulai usaha, caranya adalah melakukan networking. Apapun bentuk usahanya tanpa uang sepeserpun kita bisa membangun jika memiliki networking kuat.

Apa itu networking, ini adalah sebuah pembentukan jaringan antara individu dengan individu lain atau kelompok. Jadi kita bisa membentuk sebuah relasi yang nantinya saling menguntungkan.

Namun jangan sembarangan juga dalam melakukan networking nanti Anda justru tertipu. Sebuah usaha wedding organizer tanpa modal dapat dilakukan jika networking seseorang itu kuat.

Jadi kita harus memiliki kenalan atau kolega di berbagai jenis industri penopang kegiatan ini. Mulai dari penyedia sarpra, makeup artist, catering, sampai kargo untuk memindahkan properti pernikahannya.

Istilah mudahnya Anda hanya menjadi seorang makelar dengan modal mulut dan sepasang mulut. Ini bisa saja dilakukan namun nantinya profit akan sangat sedikit karena harus dibagi pada banyak sektor eksternal.


2. Mitra 

Kemitraan adalah salah satu dampak positif lain dari kegiatan networking yang Anda lakukan. Bisa saja jika kita menemukan seorang mitra yang mau menjalin kerja sama membangun bisnis ini.

Bahkan lebih beruntung lagi jika mereka mau menjadi seorang angel investor. Ini akan mempercepat pertumbuhan bisnisnya karena sokongan dana akan jauh lebih besar.

Artinya kita bisa fokus pada satu aspek lain yang memang dapat dilakukan seperti logistik. Jadi usaha wedding organizer tanpa modal dari diri sendiri memang bisa jika ada orang lain yang membantu.

Mengapa kami sarankan untuk memulai dari sisi logistik karena ini pengelolaannya mudah namun memakan biaya besar jika tidak punya sendiri. Jadi nantinya profit dari sebuah acara dapat kita peroleh dengan pembagian lebih besar.

Bermitra dengan sebuah perusahaan catering atau makeup artist juga bukan pilihan buruk. Ini akan memberikan dua belah pihak win win situation sehingga cukup aman dilakukan.


3. Angel investor 

Sebelumnya sudah sedikit kami ulas masalah angel investor sebagai penyokong dana Usaha wedding organizer tanpa modal. Mencari angel investor akan semakin mudah jika planning kita memang sudah solid dalam membangun event organizer.

Jadi mitra sudah ditemukan tinggal melakukan marketing saja agar mendapatkan pelanggan. Jika kita mencari angel investor untuk pengadaan alat atau pembangunan sarana prasarana jelas berat.

Mereka jelas tidak akan pernah mau memberikan dana untuk proyek yang belum tentu memberikan profit. Namun ketika kita butuh angel investor untuk dana marketing ini jauh lebih mudah.

Jadi usaha wedding organizer tanpa modal akan mendapatkan dorongan awal dari anggaran marketing tersebut. Setelah proses marketing berjalan tentu saja nanti akan memperoleh satu atau dua klien.

Secara bertahap membentuk portofolio terkait kualitas planner tentu menjadi fundamental penting. Ingat jika modalnya hanya mulut dan sepasang dengkul ekspansi jelas lambat.

Oleh karena itu Anda harus sadar diri dan tidak boleh terlalu berambisi dengan pendekatan ini. Sudah banyak orang gagal melakukan pendekatan tersebut karena kurang sabar membentuk portofolio.


3. Menentukan Target Pasar

Jika modalnya sudah ada jangan lupa secara teliti menentukan target pasar utama. Anda jangan terlalu general dalam menentukannya karena ini akan memusingkan kepala dengan sedikitnya sumber daya.

Jadi pastikan bahwa kita memiliki target pasar jelas misalnya orang dengan ekonomi menengah kebawah. Ini jauh lebih mudah kita manajemen karena kebutuhannya tentu tidak terlalu wow.

Jadi Anda nanti dapat menawarkan paket murah meriah yang dapat dijangkau oleh banyak calon klien. Kunci usaha wedding organizer tanpa modal mampu bertahan adalah konsistensi pasar.

Jika terlalu luas menargetkan konsumen jelas kita kewalahan dalam menjaga sumber daya. Bagi pemain dengan sumber daya rendah atau tanpa dukungan finansial lebih baik awali dari paling rendah.

Kita mulai dulu dari pangsa pasar kondangan kelas biasa sampai bisa mendapatkan profit. Intinya adalah miliki dulu satu inventaris pribadi dalam menyokong kegiatan tersebut.

Misalnya ketika sudah punya set dekorasi sendiri, transportasi, atau kostum. Ketika salah satu inventaris tersebut kita sudah miliki sendiri artinya alokasi anggaran juga lebih fleksibel.


4. Bentuk Tim yang Bertanggung Jawab

Jika Anda adalah manusia normal jelas tidak mungkin untuk memanajemen semua acara tersebut sendirian. Oleh karena itu diperlukan sebuah tim untuk memanajemen setiap kebutuhan.

Baik dari promosi, sarana prasarana, sampai planning harus ada masing-masing otak memikirkannya. Jika dilakukan sendiri dikhawatirkan terlalu berat dan membuat Anda stress.

Usaha wedding organizer tanpa modal jauh lebih berat pelaksanaannya dibandingkan ketika sudah memiliki inventaris sendiri. Jadi membentuk sebuah tim yang solid adalah kewajiban.

Apabila kita memilki kerja sama tim tinggi jelas nantinya lebih ringan menanganinya. Ingat jangan peras otak terlalu parah karena ini bukan bisnis yang dapat dipandang sebelah mata.

Dengan mengetahui semua trik tersebut tentu saja Anda dapat memperoleh referensi lebih. Jadi usaha wedding organizer tanpa modal bukan hal mustahil untuk dilakukan dan menghasilkan kesuksesan.
Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment