Jasa Edit Foto Online Cepat, Murah dan Berkualitas Pesan Sekarang

Table of Content

Cara Mengamankan Kontak HP dari Pinjaman Online Gampang Diterapkan

Sebenarnya bukanlah sebuah hal sulit menerapkan cara mengamankan kontak HP dari pinjaman online, berikut beberapa diantaranya yang bisa diterapkan.
Cara Mengamankan Kontak HP dari Pinjaman Online

Sebenarnya bukanlah sebuah hal yang sulit menerapkan cara mengamankan kontak HP dari pinjaman online. Tapi, masih banyak orang mengalami kesulitan dan akhirnya merasa khawatir kontak HP mereka disadap oleh pihak pinjaman online.

Sekarang ini pinjaman online atau pinjol dijadikan sebuah solusi bagi seseorang yang sedang mengalami kesulitan keuangan. Salah satu alasan mengapa pinjol akhirnya banyak dijadikan opsi yaitu karena biasanya syarat yang harus dipenuhi tidak terlalu rumit.

Walaupun penggunaan layanan pinjol sudah populer, sebagai peminjam bijak harus tetap memastikan kontak HP nya terlindungi. Apalagi bila terlanjur melakukan pinjaman dari penyedia ilegal. Bagi Anda yang ingin mengamankan kontak HP dari pinjol, bisa menerapkan cara berikut.

Baca juga: Bayar Easy Cash Lewat Indomaret: Cara Mudah Bayar di Berbagai Merchant

Berbagai Cara Mengamankan Kontak HP dari Pinjaman Online Mudah Diterapkan

Cara Mengamankan Kontak HP dari Pinjaman Online

Tidak semua penyedia layanan pinjol terpercaya dalam menjaga data peminjamnya. Supaya kontak HP dan data penting lainnya tetap aman, Anda bisa mencoba untuk melakukan berbagai cara ini:

1. Memilih Aplikasi Pinjol Resmi

Cara mengamankan kontak HP dari pinjaman online pertama yaitu memilih aplikasi resmi. Meskipun sedang dalam kondisi sangat membutuhkan uang dengan cepat, bukan berarti harus terburu-buru saat memilih aplikasi pinjaman online.

Sangat penting berhati-hati dan selektif dalam memilih supaya terhindar dari penyedia abal-abal. Salah satu hal utama yang perlu dicek saat memilih aplikasi yaitu telah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Pastikan pengunduhan aplikasi tersebut dari sumber resmi, seperti App Store dan Play Store supaya terhindar dari penyadapan. Sebaiknya hindari pengunduhan dari sumber tidak terpercaya.

Dikhawatirkan bila pengunduhan dari sumber tidak terpercaya, di dalam aplikasi tersebut telah dimasukkan program membahayakan untuk meretas data pengguna. Dampaknya, kontak HP berpotensi di teror atau dimanfaatkan untuk kegiatan kejahatan.

2. Tidak Melakukan Peminjaman di Penyedia Ilegal

Cara mengamankan kontak HP dari pinjaman online berikutnya yaitu menghindari penyedia ilegal. Penting dipahami bahwa tidak semua pinjol mempunyai izin resmi. Sebaiknya jangan melakukan peminjaman di penyedia yang tidak terdaftar OJK.

Bila tetap melakukannya, berpotensi besar membuat nomor pada HP disalahgunakan. Bukan hanya membahayakan data pribadi yang sifatnya rahasia, tapi biasanya bunga pinjol ilegal lebih besar.

Baca juga: Cara Bayar Easy Cash Lewat Shopee dengan Shopeepay Mudah

3. Pendaftaran Memakai Kartu SIM Sekunder

Untuk meminimalisir kemungkinan kontak HP disadap atau disalahgunakan, sebaiknya daftarkan diri kepada pinjaman online memakai kartu SIM sekunder. Akan lebih baik lagi bila mempunyai dua ponsel, di mana salah satunya khusus untuk mengajukan pinjaman.

Cara mengamankan kontak HP dari pinjaman online satu ini cukup efektif diterapkan. Selain meminimalisir kemungkinan disalahgunakan, juga mengurangi potensi mereka menghubungi nomor penting yang terdapat di kartu SIM utama Anda.

4. Mengganti Kartu SIM Terdaftar

Mengganti kartu SIM terdaftar bukan berarti menghindarkan diri dari kewajiban membayar hutang. Tapi, metode ini hanya upaya untuk melindungi data pribadi supaya tidak disalahgunakan atau disebarkan oleh pihak pinjol kepada siapapun.

Bila ternyata penyedia layanan yang pernah Anda gunakan termasuk ilegal, ada kemungkinan data kontak ponsel dimanfaatkan untuk tujuan buruk. Walaupun sudah selesai urusan dengan penyedia tersebut, tidak menjamin data dihapus oleh mereka.

Dalam artian, ada kemungkinan data yang berhasil mereka dapatkan dari kartu SIM Anda disimpan dan disalahgunakan di kemudian hari. Bila hal seperti ini terjadi, bukan hanya merugikan pihak peminjam saja, tapi juga kerabat yang nomornya disalahgunakan.

Bila ada yang bertanya, lalu bagaimana cara agar nomor kontak tidak disadap pinjaman online? Salah satu jawabannya yaitu dengan mengganti nomor kartu SIM yang sebelumnya sudah terlanjur terdaftar.


5. Tidak Memberikan Izin untuk Akses Kontak

Cara mengamankan kontak HP dari pinjaman online yang bisa diterapkan selanjutnya yaitu dengan tidak memberikan izin akses kontak maupun data penting lain. Biasanya, pada tahapan awal pemasangan aplikasi pinjol, akan ada permintaan akses seperti ini.

Jadi, sistem meminta akses informasi ponsel pengguna terlebih dahulu. Ketika pengguna memberikan izin akses, sistem nantinya bisa mengambil data kontak yang ada di dalam ponsel.

Bukan hanya data nomor saja, tapi juga lokasi, akun jejaring sosial serta alamat email. Informasi penting tersebut bagi perusahaan peminjaman online dianggap perlu sebagai kontak darurat.

Menerapkan cara mengamankan kontak HP dari pinjaman online satu ini akan menghindarkan diri dari pengaksesan informasi pribadi secara sembarangan. Tidak masalah bila penyedia layanan menjamin keamanan data nasabahnya.

Kalaupun ada permintaan pengaksesan informasi penting, mereka sudah menjamin itu. Tapi, bila keamanan data tidak dijamin dengan baik, memang alangkah baiknya tidak memberikan izin akses.

Bila sudah terlanjur memberikan akses, upaya yang bisa dilakukan hanya mencegah agar aplikasi tidak mengakses data kontak baru di masa mendatang. Sebab, biasanya setelah izin akses, mereka akan menyimpan data tersebut di server dan tidak bisa dihapus.

6. Menghindari Persyaratan yang Tidak Wajar

Cara mengamankan kontak HP dari pinjaman online lainnya yaitu menghindari persyaratan yang tampak tidak wajar. Jadi, sebelum melakukan peminjaman, sebaiknya pahami dengan baik apa saja syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Walaupun terlihat mereka memberikan penawaran menarik, bila tidak wajar dan berlebihan sebaiknya hindari saja. Khawatirnya, penawaran menarik tersebut ternyata mempunyai risiko besar yang membahayakan.


7. Menonaktifkan Akses GPS

Mengaktifkan GPS akan memberikan manfaat pada situasi tertentu, seperti memudahkan dalam pelacakan bila ponsel tiba-tiba hilang. Tapi, bila tidak ingin pihak pinjal mengetahui keberadaan posisi Anda, sebaiknya non-aktifkan fitur satu ini.

Cara mengamankan kontak HP dari pinjaman online satu ini bisa dilakukan untuk sementara waktu. Anda bisa mengaktifkannya kembali bila memang perlu diwaktu yang tepat.

8. Membuat Akun Sosial Media dan Email Baru

Cara terakhir adalah membuat akun sosial media dan email baru, sedangkan yang lama di non-aktifkan atau di deaktivasi. Hal ini dilakukan supaya aplikasi pinjol tidak lagi terhubung dengan data atau perangkat Anda.

Bagaimana bila data sudah terlanjur disebar? Pinjol sebar data lapor kemana? Jangan khawatir, ketika terlanjur melakukan peminjaman pada aplikasi tertentu, tapi terkena teror yang mengganggu dan data tersebar, laporkan saja ke Kominfo, OJK atau polisi.

Sudah seharusnya lebih berhati-hati terhadap penyedia layanan peminjaman online mengingat semakin banyak oknum tidak bertanggung jawab bermunculan. Terapkan cara mengamankan kontak HP dari pinjaman online diatas agar terhindar dari dampak membahayakan.

Post a Comment