Ide Konten Islami Untuk Blog dan YouTube

Mulai membuat konten-konten Islami dengan mulai mencari kata kunci ide konten islami yang bermanfaat.
Ide Konten Islami Untuk Blog dan YouTube

Daringspot.com - Menuangkan hobi menjadi konten untuk mendapatkan sebuah penghasilan adalah sebuah kebahagiaan yang sangat membanggakan. Dimana hobi yang biasanya hanya menjadi kegiatan rutinitas yang disenangi kini mulai menjadi sebuah ide yang bermanfaat bagi orang banyak.

Jika hobi kita memasak, lalu hasil dari masakan yang kita buat diterima dan disenangi oleh banyak orang, tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri.

Setiap manusia pastinya memiliki hobi atau rutinitas kegiatan yang disenangi. Singkatnya hobi merupakan kegiatan yang dilakukan tanpa paksaan atau dilakukan dengan kesenangan dan kesadaran dalam melakukan nya tanpa lelah.

Meski tak ada iming-iming uang atau penghasilan kita melakukan hal tersebut walaupun lelah namun tetap enjoy untuk menjalaninya.

Contohnya katakan saja kita gemar mengoleksi barang antik, meski tak ada bayaran atau penghargaan atas barang-barang antik yang kita koleksi, namun kita tetap melakukan hal tersebut. Itulah kurang lebih singkatnya hobi atau kegemaran.

Sama seperti jika kita senang mendengarkan ceramah atau pengajian, kita bisa membagikan dan meneruskan kembali apa-apa yang telah disampaikan oleh seorang da'i atau penceramah.

Apalagi dalam Islam itu sendiri berbagi hal-hal kebaikan atau hal positif menjadi sebuah pahala yang besar jika niat kita benar-benar tulus dan ikhlas.

Buat kamu yang mau mulai membuat konten di YouTube ataupun Blog, ide konten islami adalah menjadi sebuah pilihan terbaik untuk di pilih. Asalkan dengan syarat, konten yang kita bagikan memang benar-benar dari sumber yang terpercaya dan akurat

Pasalnya konten yang kita bagikan berunsur agama. Dimana kita tidak boleh asal-asalan mengutip hingga membuat konten asal publish yang penting viral dan mendapatkan banyak perhatian. Itu salah besar

Jangankan konten agama, konten-konten umum pun jika kita salah informasi, disinformasi, bisa menjadi perkara yang besar.

Kembali pada topik utama pembahasan kita kali ini yaitu ide konten islami untuk Blog dan YouTube dan sosial media lainnya.

Ada banyak sekali pertanyaan dan kata kunci di internet yang dapat kita gunakan sebagai ide konten islami.

Untuk mendapatkan topik atau ide konten islami, selain kegemaran atau keaktifan kita pada keagamaan pastinya kita harus memiliki kepekaan terhadap isu-isu yang sedang hangat saat ini, atau permasalahan-permasalahan yang banyak dipertanyakan. 

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencari ide konten islami untuk kebutuhan konten blog, YouTube atau media sosial dan lainnya.

Ide konten islami untuk Blog dan YouTube

1. Tentukan Target Audiens

Ide konten islami untuk Blog atau YouTube yang pertama bisa kamu lakukan yaitu tentukan terlebih dahulu target audiens untuk konten islami yang akan dibuat.

Ada banyak sekali jenis audiens pada ruang lingkup konten islami ini yang lebih baik kita fokuskan pada salah satunya terlebih dahulu, jika sudah menjawab atau pembuatan konten banyak, barulah kita melebar ke topik konten pembahasan lainnya.

Contoh kecilnya, siapakah kira-kira target audiens yang akan melihat konten kita, apakah seorang wanita, pria, skala usia, apakah sudah menikah atau belum, apakah umum, seorang awam, terpelajar, hingga kalangan atas, dimana konten islami yang kita sajikan haruslah dengan deep research atau dalam.

Belum lagi, pada bab-bab materi Islam, contohnya apakah tentang bab kebersihan, aqidah, ketauhidan dan dan masih banyak lainnya lagi.

Inilah saran saya yang harus diperhatikan jika kita ingin membuat konten islami agar lebih terfokus dan lebih dipercaya jika kita menguasai pada bidang tersebut.

2. Sajikan Informasi Lengkap

Ide konten islami selanjutnya yaitu sajikan informasi yang lengkap, maksudnya lengkap disini, ada baiknya konten atau sumber yang kita sajikan pada audiens haruslah bersumber dari Al-Qur'an dan Sunnah, serta pendapat dari para ulama dan sumber lainnya.

Ide konten islami ini sangat tidak dianjurkan jika kita ingin membuat konten hanya berdasarkan dari pemikiran sendiri. Konten yang disajikan haruslah berasal dari landasan hukum-hukum yang jelas sumbernya.

3. Hindari Perdebatan

Dalam Islam itu sendiri perdebatan adalah sebuah hal yang tidak baik dan harus dihindari.

Jangan sampai kita membuat konten apalagi untuk YouTube yang sempat viral kala itu, dimana editor memangkas bagian-bagian video dari ustadz-ustadz yang berbeda pendapat lalu membuat konten menjadi satu video dan mengucilkan salah satunya.

Konten islami seperti ini sangat tidak disarankan, karena setiap da'i, ulama atau ustadz memiliki pendapat yang berbeda-beda dengan sumber yang mereka miliki dan yakini masing-masing.


4. Gunakan Keyword Tools

ide konten islami untuk Blog dan YouTube selanjutnya yaitu gunakan Keyword tools atau forum Islam untuk mulai mencari ide konten islami yang akan kita buat.

Untuk keyword tools atau alat pencarian kata kunci untuk pemula bisa menggunakan tools alat gratisan. Seperti Google Keyword Planner, Google Ads, Keyword Tools Io, ubersuggest dan masih banyak lagi.

Di sana kita bisa memanfaatkan dari kumpulan kata kunci yang bisa kita jadikan sebagai ide konten islami yang bagus.

5. Bertanya Langsung

Ide konten islami untuk Blog dan YouTube selanjutnya yaitu jika kalian sudah memiliki audiens yang banyak, kalian bisa menanyakan langsung kepada subscriber untuk membuat ide konten islami apa lagi selanjutnya.

6. Review Trafik

Ide konten islami yang terakhir ini yaitu melihat dari trafik pada blog atau Studio YouTube yang kita bangun. 

Lihatlah video atau postingan manakah yang banyak jadi perhatian user atau penyimak konten yang kita buat setelahnya.

Buat kembali konten tersebut dengan penyampaian yang lebih rinci, detail dan memuaskan pertanyaan.

Simpulan

Kesimpulan ide konten islami ini adalah pelajari dari poin-poin saran kami diatas dengan cara amati, tiru dan modifikasi.

Setelah mencobanya, kalian sendiri lah yang akan memiliki formula untuk ide konten islami ini.

Terpenting, untuk konten islami ini harus berhati-hati dan jangan asal membuat konten dan mempostingnya hanya karena mengejar retensi penonton atau visitor yang banyak, pasalnya konten yang kita buat mencakup agama.

Dimana kita memberikan informasi yang sesat, maka orang yang membaca atau menonton lalu mengamalkan nya, jika salah maka akan menjadi boomerang bagi kreator nya itu sendiri sebagai dosa jariyah, nauzubillah.***

Ide konten islami untuk Blog dan YouTube
Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment