Ide Konten Pendidikan Dan Contoh Konten Pendidikan

Berikut adalah ulasan seputar ide konten pendidikan yang bisa kamu coba dan contohnya.
Ide Konten Pendidikan Dan Contoh Konten Pendidikan

Daringspot.com - Jika kamu memiliki sebuah bisnis khususnya online di internet, maka modal awal yang harus kita miliki adalah sebuah konten. Konten tersebut haruslah fresh dan original.

Melihat semakin ramainya pengguna internet di Indonesia, maka jika kamu ingin memulai bisnis sebagai seorang konten kreator,  sebelum kamu memulainya ada baiknya memikirkan tema dari konten yang akan kita buat.

Seperti contohnya ide konten dari ceruk atau niche Pendidikan ini. Dimana selain kita memberikan konten-konten yang positif disisi lain pun sebenarnya kita pun belajar secara tidak langsung dari konten yang kita buat.

Ada nilai plus tersendiri bagi konten Pendidikan ini, dimana jika dalam mesin pencarian, jika kamu membuat konten dengan bertemakan pendidikan ini maka Google akan lebih merekomendasikan, dalam kurung Rank Brain Content.

Dan dalam tema konten pendidikan itu pun terdapat bagian-bagian lagi yang lebih spesifik atau kalian pilah pilih lagi. Ide tema konten pendidikan apa yang ingin kalian buat. Karena dalam pendidikan itu sendiri ada banyak ide-ide yang bisa kalian pilih.

Contohnya, apakah konten pendidikan yang akan kalian buat tentang pelajaran sekolah kah? atau tentang psikologi kah? dan juga terget usia yang akan dibidik, contohnya apakah untuk anak-anak, remaja atau dewasa.

Cara Terbaik Memilih Ide Konten Pendidikan

Cara Terbaik memillih Ide Konten Pendidikan yaitu silahkan kamu tulis beberapa daftar ide konten pendidikan yang paling kamu minati, lalu bandingkan dai masing-masing ide konten tersebut di Google Trend. Alasannya agar kamu bisa lebih mengetahui kira-kira konten mana yang paling diminati di Internet.

Di Google Trend itu sendiri kalian bisa memilih opsi tren yang kalian bidik. Contohnya apakah kalian akan membuat konten di YouTube kah atau Mesin Pencarian, karena biasanya dari Mesin Pencarian Web dan YouTube berbeda.

Disanapun terdapat kata kunci yang dapat menginspirasi konten apa yang akan kamu buat dan paling banyak atau sedang trend.

Jika kamu masih bingung dengan Ide Konten Pendidikan apa yang akan kamu buat, berikut daftar Ide Konten Pendidikan yang kami rangkum yang semoga menjadi Inspirasi.

Ide Konten Pendidikan Dan Contohnya

Ide Konten Pendidikan dan contohnya kita mulai dari konten Channel youtube edukasi anak Indonesia

1. Diva The Series

Konten ini berisi kumpulan kartun serial anak-anak dibawah umur, dimana kontennya berisikan kartun-kartun animasi anak yang bisa mengedukasi dan tidak menjenuhkan bagi anak-anak untuk ditonton. Karena terdapat nyanyian-nyanyian pula dan pengisi suara yang bagus.


Saat ini Channel Diva The Series sudah memiliki sekitar 5 Juta Subscribers 

2. Edukasi Anak Indonesia

Seperti nama channelnya Edukasi Anak Indonesia, didalamnya terdapat berbagai macam animasi yang bagus serta pengenalan-pengenalan huruf, angka, menggambar dan bernyanyi. Channel ini sangat di rekomendasikan untuk di putar untuk anak usia dini, contohnya seperti video pengenalan serangga ini


Edukasi Anak Indonesia menyediakan berbagai animasi dan kartun yang mendidik untuk anak-anak Indonesia

3. Nussa Official

Memiliki mimpi yang tinggi dan tidak patah semangat, itulah Nussa. Namun, apakah dengan kehadiran Jonni, akan menurunkan semangat Nussa? Atau malah membuat Nussa semakin termotivasi?


Siapa yang tidak mengenal serial kartun anak yang satu ini?

Animasi ini sempat tayang di stasiun TV Nasional. Dimana dari animasi ini menampilkan Tokoh utama Nussa dan Rara, kakak beradik yang mengedukasi pada anak-anak seputar keagamaan. Cara berdoa, beradab dan masih banyak lagi.

4. Kids Tv Indonesia - kartun & lagu anak anak

Animasi ini menampilkan berbagai macam lagu dan serial anak-anak.


Sama seperti Channel Edukasi Anak Indonesia yang menampilkan kartun dan nyanyian lagu anak-anak yang ditampilkan, haya saja animasi dari Kids Tv Indonesia - kartun & lagu anak anak yang ditampilkan berupa 3D.

Kids Tv Indonesia - Lagu Anak adalah channel untuk lagu tradisional anak Indonesia dengan didukung animasi lucu, cantik, dan menarik.

5. Dongeng Kita

Dongeng Kita merupakan channel cerita yang diproduksi oleh Kastari Animation (PT.Kastari Sentra Media). Konten dari channel ini antara lain dongeng/cerita legenda nusantara dan juga cerita dari berbagai negara.

Dimana didalamnya terdapat kumpulan animasi 2D yang menceritakan dongen seperti contoh videonya dibawah ini


Channel ini sangat di rekomendasikan bagi para orang tua yang ingin mengedukasi anaknya melalui visual animasi seputar cerita-cerita lampau yang banyak dapat kita ambil ilmu dan hikmahnya.

Ide Konten Pendidikan Channel Youtuber dengan konten edukasi di Indonesia fokus pendidikan SD sampai perguruan tinggi

1. RuangGuru Bimbel Online No.1


Lewat Ruang Guru, para anak bisa belajar langsung dengan tutor online dengan materi-materi yang sesuai dengan kurikulum di sekolah. Penyampaiannya sangat jelas dan mudah dipahami.

Bahkan, ada juga tips dan trik cepat untuk melakukan perhitungan, menghafal, dan yang lainnya.

RuangGuru kini sudah memiliki hampir 1 juta pelanggan atau subscribers dan sudah bergabung sejak tahun 2013.

2. Zenius

Zenius adalah pelopor startup teknologi pendidikan di Indonesia yang menggunakan metode adaptive learning. Zenius memproduksi konten pendidikan untuk semua level pendidikan dari SD, SMP, dan SMA beserta persiapan ujian nasional dan tes masuk perguruan tinggi.

Sejak tahun 2004, Zenius mempunyai visi untuk membentuk Indonesia yang cerdas, cerah dan asik. Zenius memulai perjalanan kami pada tahun 2008 dengan produk CD/DVD, sebelum beralih ke website zenius.net pada tahun 2010. Hingga sekarang kami berhasil meluncurkan mobile apps yang bisa diungguh melalui iOS dan Android. Sekarang, Zenius telah memiliki lebih dari 74,000 video pembelajaran dan puluhan ribu latihan soal.


Channel yang sudah ada sejak tahun 2013 ini memiliki jumlah subscribers sebanyak 256 ribuan. Total subscribers-nya pun terus meningkat.

Selain membahas pelajaran sekolah hingga perguruan tinggi, Zenius juga mengunggah konten mengenai pengalaman, informasi soal pendidikan, dan tips-tips tertentu.

Kontennya memang tergolong lengkap dan terus berproduksi sampai sekarang. Jadi, sangat recommended.

3. Ruang Belajar Channel

Youtuber ini sudah bergabung dengan Youtube sejak 2015 dan tujuannya adalah menyediakan konten khusus mengenai materi dari SD sampai SMA.

Tidak hanya Matematika atau Bahasa Inggris yang memang banyak pencarinya, Anda juga bisa memainkan video dengan isi IPA, IPS, hingga sejarah. Artinya, soal materi memang sudah cukup lengkap dan beragam.

Sampai saat ini, secara total Ruang Belajar Channel sudah memiliki puluhan video dan terus bertambah. Jumlah subscribers-nya mencapai 200 ribuan dan terus meningkat.


Ruang Belajar Channel adalah Channel membahas dan membedah materi pelajaran mulai dari SD sampai SMA. Channel ini di buat dengan tujuan untuk berbagi ilmu kepada para pelajar

4. Belajar Bareng


Belajar bareng mempersembahkan berbagai bidang pendidikan yang dibutuhkan. Mulai dari balita hingga dewasa, dengan berbagai jenjang pendidikan mulai PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA dan umum diantaranya CPNS, SBMPTN dan masih banyak lagi.

Channel youtube edukasi Indonesia dengan konten umum

1. Kok Bisa?

Segala ilmu pengetahuan dimulai dari pertanyaan. Itu sebabnya, Kok Bisa ingin terus menciptakan pengalaman belajar sains yang inovatif dengan menjawab pertanyaan sehari-hari melalui video-video animasi edukatif. Melalui animasi, Kok Bisa percaya bahwa konsep yang rumit bisa digambarkan dengan kontekstual dan lebih mudah dipahami.


Kontennya sangat unik dan edukatif dengan penyampaian yang menarik. Sama seperti KHT! Kamu Harus Tahu, di sini Anda bisa mendapatkan jawaban mengenai peristiwa alam dan kejadian sederhana lainnya.

2. KHT! – Kamu Harus Tahu

Kamu Harus Tahu atau KHT menyajikan informasi seputar dunia. Mulai dari sejarah, sains, dan yang lainnya. Secara total sudah ada 24 video yang diunggah oleh kanal ini. Dari unggahan tersebut, total pelanggannya mencapai 93 ribuan.


KHT! atau Kamu Harus Tahu! adalah channel yang membahas informasi seputar pengetahuan dalam bentuk animasi 2 Dimensi.

3. Ayo Mikir

Ayo Mikir, sebuah Channel Edukasi yang menyajikan konten tayangan inspiratif dan edukatif untuk masyarakat Indonesia yang berbasis di platform Youtube. 

Sesuai dengan visi misi yang diusung, Ayo Mikir mengemas tayangan edukasi yang mengedepankan kualitas namun mudah dipahami. 

Konten edukasi Ayo Mikir menekankan pada pembelajaran mengenai sains modern mulai dari fisika, astronomi hingga psikologi. 

Tidak hanya berhenti pada program tayangan edukasi di Youtube, Ayo Mikir juga menjawab pertanyaan seputar sains seperti "mengapa langit malam itu gelap" pada platform sosial media lain seperti instagram dan facebook.


Di sini, Anda bisa menonton konten-konten sains umum yang sangat menarik buat diikuti.

Contoh kontennya adalah kenapa balon melayang, bisakah kita membuat mesin waktu, dan yang lainnya. Artinya, di sini Anda bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan sederhana mengenai kehidupan sehari-hari.

4. Satu Persen - Indonesian Life School

Satu Persen adalah Startup Life-school terbesar di Indonesia. Satu Persen - Indonesian Life School mengajarkan bagaimana cara kamu dapat berkembang untuk mencapai kehidupan yang kamu layak dapatkan.

Didirikan pada Januari 2019, Satu Persen begitu cepat mendapatkan perhatian publik. Belum genap satu tahun didirikan, Satu Persen dinobatkan sebagai channel Youtube dengan perkembangan tercepat di dunia pada bulan November 2019 versi Nox Influencer. Kemampuan Satu Persen membawakan topik-topik berkualitas dengan ringan dan mudah dimengerti membuat Satu Persen disenangi oleh berbagai macam kalangan. 

Hal-hal yang akan kamu pelajari di Satu Persen:

  1. Kemampuan dasar kehidupan,
  2. Pemahaman diri,
  3. Hubungan sosial, 
  4. Produktivitas dan karir, dan 
  5. Makna hidup. 

Dengan mempelajari hal-hal tersebut, Satu Persen ingin membawamu berkembang mencapai kehidupan yang kamu layak dapatkan, setidaknya satu persen setiap harinya.


5. Hipotesa

Hipotesa merupakan media yang memberikan pengetahuan mengenai politik, ekonomi hingga keadaan sosial secara simpel dan sederhana kepada khalayak ramai.


6. Kutu Buku


Si Kutu Buku adalah channel edukasi yang rutin review buku dalam bahasa indonesia dengan format animasi. Selain review buku dan rangkuman buku, Si Kutu Buku juga akan membahas soal video motivasi dan kisah inspiratif. Channel ini adalah channel pendidikan di Youtube.

Kesimpulan

Bagi kamu pemula yang baru ingin membuat konten melalui blog atau channel di YouTube Ide Konten Pendidikan yang telah kami uraikan diatas semoga bisa menjadi inspirasi dan gambaran kecil sederhana.

Silahkan eksplorasi lebih jauh lagi, konten apa yang kira-kira ingin dibuat.

Sebenarnya konten dengan ide pendidikan ini tidak harus dengan animasi, kita bisa membuat channel edukasi dengan tampilan seperti konten Kutu Buku diatas tadi, dimana menampilkan dengan monolog.

Terimakasih sudah membaca, silahkan tinggalkan atau tambah lagi kira-kira Ide Konten Pendidikan apalagi yang bisa menjadi Inspirasi di kolom komentar dibawah ini.***

Ide Konten Pendidikan Dan Contoh Konten Pendidikannya

Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment