Cara Membuat Tugas di Google Classroom di Hp dengan Mudah

Cara Membuat Tugas di Google Classroom di HP dengan Mudah Dalam penjelasan ini diberikan cara membuat tugas di Google Classroom di HP
Cara Membuat Tugas di Google Classroom di Hp dengan Mudah

Sejak diberlakukannya belajar dari rumah, aplikasi Google Classroom semakin banyak digunakan karena memberikan kemudahan bagi pengajar dan siswa. Salah satunya terkait pemberian tugas. Dalam penjelasan ini diberikan cara membuat tugas di Google Classroom di HP hingga bisa diterima oleh para siswa:

Cara Membuat Tugas di Google Classroom di HP dengan Mudah

1. Buka Aplikasi Google Classroom

Pertama kali, bukalah aplikasi Google Classroom yang telah dipasang di handphone dan pastikan sudah memiliki akun. Untuk bisa mulai membuat tugas kepada siswa, para pengajar harus masuk ke ruang kelas yang telah dibuat sebelumnya. Setelah itu, masuklah ke menu Classwork atau Tugas Kelas. Lalu ikutilah langkah yang selanjutnya.

2. Buatlah Tugas Baru

Para pengajar bisa membuat tugas baru dengan menekan ikon berupa tambah. Setelahnya, tekan tombol Create atau Buat. Pada menu ini ada tiga opsi yang bisa dipilih, yaitu Assignment (Tugas), Quiz Assignment, atau Question atau pertanyaan.


3. Lakukan Pengaturan pada Tugas

Setelah langkah tersebut, lakukanlah cara membuat tugas di Google Classroom di HP yang ketiga ini. Dalam tahap ini para pengajar diharuskan untuk melakukan pengaturan terhadap tugas yang ingin dibuat. Yang paling utama yaitu menentukan judul dari tugas tersebut pada kolom Title. Selanjutnya, berikan deskripsi secara lengkap di dalam kotak Introduction.

4. Tentukan Siswa yang Akan Menerima Tugas

Secara default, sebenarnya tugas yang sudah dibuat bisa terkirim ke semua siswa di dalam ruang kelas. Tapi para pengajar juga dapat melakukan pengaturan dengan menentukan siapa saja siswa yang akan menerimanya. Caranya yaitu dengan menekan menu Semua Siswa, lalu tuliskan nama-nama murid. Perlu diingat, bahwa batas penerimanya adalah 100 orang.

5. Tambah Nilai Poin

Selain memilih nama-nama siswa penerima tugas, para pengajar juga bisa menentukan besar poin dari tugas yang diberikan tersebut. Yang perlu diketahui, jumlah maksimal dari poin yang ditentukan adalah 100. Untuk mengubahnya, tekan menu Poin yang ada di sebelah kolom. Lalu selanjutnya tinggal masukkan nilai baru. Jangan lupa klik tombol Simpan.

6. Tentukan Batas Waktu

Kalau pengaturan default dari Google Classroom, sebenarnya tidak ada batasan waktu dalam pengerjaan tugas. Tapi ternyata para pengajar juga dapat menentukannya sendiri. Yaitu dengan mengklik menu Tidak Ada Batas Waktu. Setelah itu, tuliskan tanggal secara lengkap dan tekan OK. Untuk tambahan, bisa menuliskan jam maksimal pengumpulan tugas.

7. Tambahkan Lampiran

Sebagai langkah terakhir, para pengajar bisa menambahkan lampiran ke dalam tugas yang dibuat. Ada dua macam lampiran yang dapat disetarakan untuk memudahkan siswa. Yang pertama yaitu berupa gambar, video YouTube, dan dokumen dari penyimpanan. Sementara yang kedua adalah berkas yang tersimpan dalam Simbol Link, Symbol Life, atau Google Drive.

Untuk menyertakan berkas lain, pilih pada menu Lampirkan. Selanjutnya, klik ikon berupa penjepit kertas dan tentukan di mana lokasi file tersimpan. 

Jika melampirkan berkas dari Google Drive, ada tiga opsi yang harus diketahui oleh para pengajar, yaitu:
  • Siswa dapat melihat file. Yakni di sini siswa hanya dapat melihatnya tapi tidak bisa melakukan pengeditan terhadap berkas tersebut.
  • Siswa dapat mengedit file. Jika memilih opsi ini, maka nantinya siswa bisa melihat juga melakukan perubahan terhadap berkas yang disetarakan.
  • Membuat salinan untuk semua siswa.

Itulah uraian mengenai cara membuat tugas di Google Classroom di HP dengan lengkap. Sekarang para pengajar bisa lebih praktis dalam memberikan tugas kepada siswanya. Apalagi hanya dengan smartphone, semuanya dapat dilakukan dengan mudah.***

Cara Membuat Tugas di Google Classroom di HP dengan Mudah

Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment