Jasa Edit Foto Online Cepat, Murah dan Berkualitas Pesan Sekarang

Table of Content

Aplikasi Konsultasi Psikolog Gratis: Simak Rekomendasinya

Anda sedang mencari konsultasi psikologis gratis? Berikut ada aplikasi konsultasi psikolog gratis yang bisa Anda coba.
Saat ini, tak hanya kesehatan fisik saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga kesehatan mental. Apabila Anda memiliki mental yang sakit, bisa berakibat pada masalah berbagai penyakit di tubuh Anda. Selain itu, dengan mental yang sakit, tentunya akan mengubah perilaku Anda.

Meskipun kesehatan mental perlu diperhatikan. Sayangnya, masih minim fasilitas kesehatan mental membuat orang-orang enggan melakukan konsultasi. Tak heran, sebagian banyak orang menganggap kesehatan mental hanyalah masalah biasa.

Aplikasi Konsultasi Psikolog Gratis

Mengenal Konsultasi Psikolog

Sebelum membahas aplikasi konsultasi psikolog gratis, pahami dulu mengenai konsultasi psikolog sehingga Anda bisa memahami pentingnya konsultasi psikolog.

Konsultasi psikolog merupakan sesi curhat mengenai masalah yang tengah dihadapi kepada seorang psikolog. Nantinya, setelah melakukan konsultasi, psikolog akan memberikan solusi dan saran medis untuk mengobati masalah yang Anda hadapi.

Untuk melakukan konsultasi psikolog, Anda harus mempersiapkan diri untuk membuka luka atau emosi Anda kepada psikolog agar bisa ditangani secara medis.


Manfaat Konsultasi Psikolog

Melalui konsultasi psikolog, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat. Berikut manfaat konsultasi psikolog, di antaranya:
  1. Membantu mengubah perspektif Anda mengenai masalah yang sedang dihadapi.
  2. Mendapatkan saran dan solusi.
  3. Membantu Anda mengelola emosi yang sedang dirasakan.
  4. Membantu menyelesaikan masalah.
  5. Meluruskan masalah yang dialami Anda dengan orang lain.
  6. Mengatasi gangguan mental seperti bipolar, depresi, skizofrenia, dan gangguan kecemasan.

Ciri-Ciri Orang Butuh Konsultasi Psikolog

Biasanya, orang yang membutuhkan konsultasi psikolog memiliki ciri-cirinya. Berikut ciri-ciri seseorang butuh konsultasi psikolog, di antaranya:
  • Sedih yang berlebihan.
  • Kehilangan seseorang atau barang yang berharga.
  • Memiliki trauma.
  • Tidak ada yang bisa mendengar keluhan Anda sekalipun keluarga dan sahabat Anda.
  • Memiliki ketergantungan obat-obatan, narkoba, dan seks.

3 Aplikasi Konsultasi Psikolog Gratis

Bagi Anda yang enggan konsultasi psikolog ke rumah sakit karena berbayar, Anda bisa mencoba berbagai aplikasi konsultasi psikolog gratis yang bisa diunduh di Google PlayStore maupun AppStore. Berikut ini ada 3 aplikasi konsultasi psikolog gratis, di antaranya:

1. Riliv


Aplikasi karya anak bangsa ini menawarkan layanan konsultasi para penggunanya ke psikolog secara gratis. Psikolog-psikolog di aplikasi Riliv ini berasal dari universitas ternama dan terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Universitas Negeri Surabaya.

Namun, mereka hanya mendengarkan permasalahan Anda. Untuk mendapatkan solusi dan saran medis, Anda harus berlangganan premium yang tentunya berbayar.

2. Self-help Anxiety Management (SAM)


Aplikasi yang dikembangkan oleh pakar komputer di University of England ini menawarkan layanan untuk membantu para pengguna mengelola rasa cemas. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengidentifikasi penyebab kecemasan dan merekam tingkat kecemasan.

Menariknya, aplikasi ini memiliki fitur cloud yang bisa digunakan oleh Anda dengan anonim saat sedang berbagi masalah yang membuatnya cemas.

3. OnCom


OnCom atau Online Consultation & Mentorship merupakan aplikasi konsultasi secara daring yang bisa dibilang lengkap. Anda bisa berbagi berbagai masalah melalui aplikasi ini. Bahkan, Anda akan mendapatkan psikolog sesuai di bidang yang masalah Anda hadapi.

Penutup

Itulah mengenai konsultasi psikolog hingga aplikasi konsultasi psikolog gratis yang bisa Anda coba. Dengan begitu, Anda akan memahami bagaimana kesehatan mental yang dimiliki sehingga mengetahui apakah Anda memerlukan konsultasi ke psikolog atau tidak.

Aplikasi Konsultasi Psikolog Gratis: Simak Rekomendasinya

Post a Comment