Simak Kelebihan dan Kekurangan TikTok Untuk Promosi Bisnis Online

Adanya kelebihan dan kekurangan TikTok untuk promosi ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam berbisnis.
Kelebihan dan Kekurangan TikTok Untuk Promosi

Sebagai tempat membagikan video pendek, TikTok memang sangat digemari berbagai kalangan. Tidak hanya menampilkan konten hiburan saja, tetapi banyak pengguna yang memanfaatkannya sebagai sarana melakukan promosi bisnis. Oleh karena itu, pembaca perlu menyimak kelebihan dan kekurangan TikTok untuk promosi yang dijabarkan di bawah ini:

Kelebihan Sebagai Media Promosi

Semakin populer TikTok di masyarakat, maka semakin banyak bermunculan konten yang diunggah setiap hari. Diantaranya kesehatan, edukasi, makanan, dance, dan seterusnya. Saat ini ada banyak influencer yang menawarkan jasa promosi melalui akun TikTok yang dimilikinya. Adapun kelebihan dari pemanfaatan media sosial ini dirinci sebagai berikut:

1. Banyak Pengguna

Setidaknya TikTok memiliki 800 juta pengguna aktif yang setiap hari membuka aplikasi serta membuat konten. Realita tersebut menggambarkan bahwa TikTok menjadi media sosial teratas yang begitu digemari masyarakat. Mempromosikan bisnis tertentu melalui TikTok akan membuatnya mudah dilihat oleh orang-orang di berbagai daerah.

2. Fitur yang Anti Ribet

Secara khusus, pengguna tidak harus fasih dalam mengedit video dan lagu. Sebab, Tiktok melengkapi sejumlah Tools yang memudahkan proses editting. Untuk tampilan yang memukau, pengguna tinggal menambahkan stiker, emoji, teks, filter, dan transisi. Bahkan aplikasi ini juga memungkinkan untuk dipakai dalam video green screen.

3. Fitur Hashtag Untuk Menyesuaikan Tema

Mencari topik yang sedang booming bisa dilakukan dengan menambahkan fitur hashtag (#). Dengan adanya layanan ini, siapa pun dapat mencari pembahasan sesuai dengan tema yang diinginkan. Hashtag juga dapat disisipkan pada konten berisi promosi produk. Pebisnis hanya perlu menambahkan hashtag yang berkaitan dengan produk.

Supaya konten promosi muncul dalam halaman pengguna lain, maka dapat ditambahkan #fyp. Bila video berhasil terlihat oleh pengguna lain, maka konten promosi yang diunggah akan memperoleh banyak komen dan like. Bukan tidak mungkin bilamana pengguna lain juga akan membagikan konten video tersebut pada akun yang dimiliki.

4. Layanan TikTok Ads

Bagi pengguna yang ingin bisnisnya semakin luas di media sosial dapat mencoba fitur TikTok Ads. Membuatnya tidak terlalu sulit, sebab hanya diperlukan beberapa data yang perlu diisi. Selebihnya, pengguna dapat melengkapi informasi seputar bisnis yang dijalankan. Mulai dari tujuan pembuatan iklan, anggaran, dan seterusnya. Layanan ini membawa peluang bagi pebisnis untuk melebarkan usaha yang dikembangkannya.

5. Populer Diantara Gen Y dan Z

Apabila bisnis yang diunggah ditargetkan untuk anak muda, maka TikTok sangat cocok sebagai media promosi. Bila melihat konten-konten yang ada saat ini, kebanyakan pengguna TikTok merupakan generasi Y dan Z. Ini berarti produk-produk sangat tepat bila ditawarkan untuk rentang usia 14-24 tahun. Utamanya untuk produk dan jasa kekinian yang sesuai dengan favorit anak muda.


Kekurangan TikTok Untuk Promosi

Seperti yang diketahui, banyaknya kelebihan yang akan diperoleh pengguna tentunya tidak lepas dari celah atau kekurangan. Adanya kelebihan dan kekurangan TikTok untuk promosi ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam berbisnis. Adapun kekurangan yang terlihat yaitu media sosial ini tidak bisa digunakan untuk menautkan link. Sehingga pebisnis tidak bisa mengarahkan costumer menuju website.

Selain hal tersebut, TikTok juga tidak menyediakan analisis data yang rinci. Data yang tertera dalam akun TikTok hanya akan bertahan selama 28 hari. Sehingga bila informasi tersebut cukup penting, maka pebisnis perlu menyalinnya di catatan lain supaya tidak terhapus. Proses pencatatan manual tersebut juga akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan TikTok untuk promosi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan. Popularitas yang diraih TikTok saat ini mampu menjadi peluang bagi pembaca yang ingin fokus berbisnis secara online. Dengan strategi marketing yang tepat dan konten yang menarik, tentunya akan membuat pengguna lain betah menyaksikan unggahan TikTok meskipun berisi promosi.

Simak Kelebihan dan Kekurangan TikTok Untuk Promosi Bisnis Online


Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment