Perbedaan Akun TikTok Bisnis dan Kreator dari Segi Fitur beserta Fungsinya

Mari cari tahu apa perbedaan akun TikTok bisnis dan kreator dari segi fitur beserta fungsinya pada artikel berikut ini.
Perbedaan Akun TikTok Bisnis dan Kreator

TikTok saat ini menjadi jenis platform digital yang sekarang begitu populer di tengah masyarakat. Tak hanya digunakan sebatas media sosial untuk sekadar bersenang-senang, TikTok juga kini dimanfaatkan untuk menghasilkan cuan. Agar bisa mendapatkan cuan dari TikTok, ada dua tipe akun yang bisa dipakai yaitu akun bisnis dan akun kreator. Mari cari tahu apa perbedaan akun TikTok bisnis dan kreator dari segi fitur beserta fungsinya.

TikTok Bisnis

Saat ini media sosial atau platform digital lainnya memang sudah banyak dimanfaatkan untuk keperluan bisnis dan marketing. Begitu juga dengan aplikasi TikTok yang secara khusus menghadirkan TikTok for Business. Sesuai dengan namanya, akun ini khusus dibuat untuk memfasilitasi para pelaku bisnis. Tentu saja ada beberapa fitur menarik yang dihadirkan untuk memperlancar pengembangan bisnis.

Jenis akun bisnis ini juga sangat efektif meningkatkan engagement. Bahkan jika seorang pengguna beralih dari akun personal ke akun bisnis, engagement-nya bisa meningkat sebesar 9%. Selain itu, konten yang diunggah lewat akun bisnis juga biasanya akan mendapatkan view yang jauh lebih besar.

Akun TikTok bisnis ini memiliki banyak fitur menarik yang secara garis besar mendukung proses marketing secara optimal. Seperti TikTok Ads, Trending Content, dan pengeditan video, dan banyak lagi. Namun ada 3 fitur yang menjadi ciri khas dari akun bisnis tersebut. Berikut adalah beberapa fitur yang khusus hanya dimiliki oleh akun TikTok bisnis:
  • AR Branded Effect: memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman augmented reality dari semua jenis brand.
  • Unique Engagement Solution: memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi atau berkomunikasi langsung dengan konsumen dalam bentuk pesan maupun video.
  • Real-time Performance Tracking: membantu pengguna agar bisa melihat performa setiap konten yang sudah diunggah secara real-time (bagus untuk analisis strategi marketing bisnis).

TikTok Kreator

Akun bisnis dan akun kreator pada dasarnya punya tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan cuan. Namun, perbedaan akun TikTok bisnis dan kreator ini terletak pada media yang digunakan untuk menghasilkan keuntungan. Jika pada akun bisnis tadi yang diunggulkan adalah produk fisik atau jasa maka lain halnya dengan akun kreator.

Di akun kreator, pengguna akan fokus pada produk berupa video konten. Video konten itulah yang nantinya akan menjadi sumber keuntungan bagi kreator. Tidak ada barang atau jasa apapun yang diiklankan dalam akun kreator ini. Nantinya kreator akan menghasilkan uang dari jumlah engagement dan view yang diperoleh, bukan dari jumlah barang atau jasa yang berhasil terjual.

Penting juga untuk diketahui bahwa pengguna akun kreator memiliki pilihan fitur yang hampir sama dengan akun bisnis. Perbedaannya terletak pada 3 fitur unik akun bisnis yang tadi sudah disebutkan sebelumnya. Akun kreator tak bisa menikmati fitur AR Branded Effect, Unique Engagement Solution, dan Real-time Performance Tracking.

Akun kreator juga hanya bisa digunakan setelah memenuhi persyaratan khusus yang sudah ditentukan oleh pihak TikTok. Lain halnya dengan akun bisnis yang tidak membutuhkan persyaratan khusus. Berikut adalah persyaratan yang dibutuhkan:
  • Memiliki akun TikTok Pro.
  • Jumlah followers lebih dari 10.000.
  • Mencapai jumlah penayangan lebih dari 10.000 views dalam kurun waktu 30 hari. ‘
  • Usia minimal 18 tahun.

Kesimpulannya, perbedaan akun Tiktok bisnis dan kreator terletak pada fungsi utama juga kelengkapan fiturnya. TikTok bisnis dihadirkan untuk para pelaku bisnis sementara akun kreator khusus bagi para pembuat konten yang ingin monetisasi murni dari konten-konten yang diunggah. Pilih jenis akun yang tepat agar cuan yang bisa dihasilkan lebih optimal!

Perbedaan Akun TikTok Bisnis dan Kreator dari Segi Fitur beserta Fungsinya

 
Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment