Jasa Edit Foto Online Cepat, Murah dan Berkualitas Pesan Sekarang

Table of Content

Mudah! Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil Online Melalui OSS

Cara membuat izin usaha mikro kecil online paling mudah sehingga Anda dapat melakukan optimasi potensi pada UMKM dan memperoleh proteksi hukum.
Mudah! Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil Online Melalui OSS

Sekarang cara membuat izin usaha mikro kecil online sudah semakin dipermudah oleh pemerintah. Jadi sudah waktunya melakukan revolusi bisnis dari tradisional menjadi lebih profesional.

Bahkan untuk jenis bisnis kecil rumahan perlu adanya perizinan sebagai salah satu parameter pengelolaan secara profesional. Jika itu dilakukan maka ketika ada investor tidak bingung melihat performanya.

Jadi pada kesempatan ini kami akan menjelaskan bagaimana langkah untuk melakukan pendaftaran. Tidak perlu repot karena sudah ada OSS yang disediakan oleh pemerintahan sehingga masyarakat semakin mudah.

Para pengusaha mikro dapat menjalin kerjasama secara lebih luas lagi dalam berbisnis. Ketika jaringan dapat diperluas secara legal tentu saja bisnis minimalis Anda dapat berubah secara drastis.

Kami juga akan menjelaskan keuntungan secara spesifik mengapa ini harus dilakukan oleh para pengusaha. Jadi jangan hanya daftar saja namun ketahui juga manfaatnya untuk jangka panjang bisnis Anda.


Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil Online Melalui OSS

Online single submission atau OSS adalah layanan terpadu dari pemerintah untuk mempermudah pendaftaran berbagai jenis bisnis. Mulai dari mikro sampai minerba bisa dilakukan pada platform ini.

Jadi masyarakat sekarang tidak perlu lagi merasa kesulitan ketika hendak mendaftarkan usahanya. Berikut ini akan kami berikan cara membuat izin usaha mikro kecil online terlebih dahulu agar bisa memproses lebih lanjut.

  1. Kunjungi laman oss.go.id
  2. Klik daftar di pojok kanan atas
  3. Isi formulir yang sudah disediakan
  4. Selesaikan captcha
  5. Cek email registrasi dari OSS
  6. Aktivasi email OSS
  7. Simpan email verifikasi yang berisi username dan password

Ketika langkah tersebut sudah diproses artinya sekarang Anda memiliki akun di laman online single submission. Tanpa melakukan pembuatan akun terlebih dahulu tentu saja tidak bisa melakukan proses lebih lanjut.

Jadi lakukan tahap tersebut terlebih dahulu sampai selesai dan fix baru ke tahap berikutnya. Sebagai catatan simpan password pada email verifikasi tadi karena digunakan untuk login akun OSS.

Setelah memiliki akun pada online single submission sekarang waktunya mendaftarkan bisnis Anda. Berikut ini adalah cara membuat izin usaha mikro kecil online paling mudah yang dapat Anda ikuti.

  1. Login OSS menggunakan akun yang tadi sudah dibuat
  2. Klik tombol perizinan berusaha kemudian pilih skala usaha mikro atau kecil
  3. Lengkapi formulir profil yang masih kosong dengan data terkait
  4. Pilih profil data usaha
  5. Lengkapi formulir pada data usaha tersebut kemudian simpan
  6. Jika memiliki usaha lebih dari satu klik tambahkan usaha (opsional)
  7. Pilih izin lokasi dan lingkungan jika dibutuhkan pada formulir prasarana usaha
  8. Setelah selesai cek dulu NIB pada opsi preview pastikan semua data dan ketentuan sudah benar sesuai kondisi real lapangan
  9. Jika review sudah selesai klik proses NIB
  10. Lakukan pencetakan NIB usaha melalui tampilan output NIB (jika diperlukan)


Setelah semua proses tersebut dilakukan artinya bisnis kecil Anda sudah selesai didaftarkan secara resmi. Semua tahap tersebut dapat Anda selesaikan dalam satu atau dua jam saja tergantung kesiapan.


Keuntungan Mendapatkan IUMK Setelah Mendaftar di OSS

Mudah! Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil Online Melalui OSS

Setelah mengetahui cara membuat izin usaha mikro kecil online tadi tentu Anda penasaran apa untungnya. Ternyata memiliki izin usaha mikro kecil (IUMK) ada beberapa keuntungan penting seperti berikut ini.

1. Perlindungan hukum

Jika sebuah bisnis sudah memiliki IUMK maka otomatis akan mendapatkan perlindungan hukum. Jadi ketika Anda menjalankan bisnis di lokasi tersebut tidak akan ada gangguan.

Ketika Anda mendapatkan intimidasi atau gangguan dari pihak eksternal bantuan hukum dapat diminta. Ini adalah salah satu langkah untuk mencegah tindakan premanisme pada bisnis kecil.

2. Memperoleh pendampingan pengembangan bisnis

Setelah mengetahui cara membuat izin usaha mikro kecil online dan mendaftarkan diri ini adalah keuntungan lain. Jadi pemerintah memang memiliki program pengembangan bagi UMKM.

Jadi Anda bisa memperoleh pelatihan, penataran, sampai potensi pengembangan angel investor. Tentu hal tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan skala bisnis yang dilakukan.

3. Mempermudah pembiayaan ke lembaga keuangan

Secara gampangnya ketika Anda mengajukan kredit bisnis kecil ke bank akan lebih mudah. Jadi bisnis tersebut memang sudah memiliki kejelasan underlying dan legal berdasarkan hukum.

Tentu saja pendanaan adalah salah satu aspek penting bagi para pemilik bisnis mikro kecil. Ini akan membantu juga untuk optimasi sekaligus peningkatan skala baik produksi maupun ekspansi.

4. Mendapatkan kemudahan pemberdayaan

Jika ada program pemerintah dalam pemberdayaan UMKM bisnis yang memiliki IUMK akan diprioritaskan. Jadi Anda akan mudah mendapatkan bantuan ketika memang ada programnya.

Dengan mengetahui semua aspek tadi sekarang Anda bisa langsung melakukan pendaftaran sendiri. Implementasikan cara membuat izin usaha mikro kecil online tadi agar potensi UMKM Anda semakin optimal.

Post a Comment