Pinjam Uang Lewat Home Credit dan Persyaratannya

Home Credit memberikan layanan pinjam uang lewat Home Credit dengan proses pengajuan mudah dan pencairan cepat.
Bila mendengar tentang Home Credit pasti yang terlintas di pikiran kalian adalah layanan untuk kredit barang. Namun tahukah kalian jika pinjam uang lewat Home Credit juga bisa dilakukan melalui aplikasinya dengan terlebih dahulu di Play Store.

Untuk pengajuan pinjaman cukup dengan melakukan pengisian data, upload foto KTP, dan berfoto selfie untuk selanjutnya mengirimkan dokumen tambahan, memberikan akses pribadi pada ponsel, mengirimkan aplikasi pengajuan dan melanjutkan prosesnya sampai pada tahapan pencairan pinjaman.

Apakah Home Credit Aman?

Jawabannya tentu saja aman dan bukan sebuah penipuan. Pertama Home Credit telah mengantongi izin resmi dari OJK, memiliki alamat kantor yang jelas, memiliki layanan pelanggan, dan bunga yang diberikan transparan.


Cara Pinjam Uang di Home Credit

Pinjam Uang Lewat Home Credit dan Persyaratannya


1. Unduh Aplikasi

Masuk ke Play Store untuk selanjutnya unduh aplikasi Home Credit. Ketika selesai diunduh maka masuk ke dalam aplikasi lalu muncul pilihan mengajukan pinjaman.

Perhatikan jika aplikasi yang kalian unduh sudah memiliki logo OJK yang mana menunjukkan jika perusahaan tadi sudah terdaftar serta diawasi OJK.

Logo tersebut penting untuk diperhatikan mengingat saat ini telah banyak pinjaman online illegal dan ini sangat berbahaya jika digunakan.

2. Verifikasi OTP

Setelah kalian mengunduh aplikasi maka tahap selanjutnya yaitu mengisikan nomor ponsel dan nantinya kode verifikasi akan dikirimkan dan tinggal kalian masukan saja di aplikasi.

Usahakan ponsel yang dipergunakan untuk pengajuan tidak berganti-ganti karena akan berakibat pada penolakan pengajuan.

3. Ajukan

Setelah selesai pembuatan akun dan verifikasi maka akan muncul tampilan plafon serta tenor yang dapat diambil dan proses pengajuan bisa segera dimulai.

4. Akses Data Pribadi

Nantinya aplikasi meminta pada calon peminjam untuk mau menyetujui akses pada data pribadi di ponsel. Akses data diperlukan untuk melakukan analisa pada pengajuan pinjaman. Akses yang diminta berupa data lokasi serta kamera.


5. Isi Data Pribadi

Jangan lupa untuk mengisi serta melengkapi data pribadi yang sesuai formulir yang ada.

6. Data Pekerjaan

Tahapan selanjutnya pengisian data pekerjaan serta jumlah penghasilan. Bagian ini tergolong penting karena fintech akan menilai apakah calon konsumennya memiliki kemampuan dalam mengembalikan pinjaman atau tidak.

7. Perjanjian

Saat kalian diberikan informasi terkait perjanjian pinjaman sebaiknya dibaca dengan teliti. Adapun hal-hal penting yang pas untuk dicermati di dalamnya seperti biaya admin, bunga pinjaman, potongan pencairan, biaya jika pelunasan dipercepat, dan denda keterlambatan.

8. Isi Kontak Darurat

Jangan lupa untuk mengisi serta melengkapi kontak darurat seperti nama, nomor ponsel, dan hubungannya dengan kalian. Untuk nomor kontak darurat Anda perlu mengisi 3 kontak.

9. Ambil Foto KTP

Untuk cara pinjam uang lewat Home Credit selanjutnya yaitu mengambil foto e-KTP menggunakan ponsel yang dipergunakan membuka rekening. Pastikan jika fotonya jelas bukan fotocopy. Jika pembacaan data benar maka jangan lupa lakukan konfirmasi pada kebenaran data tadi.


10. Foto Selfie Serta Verifikasi Wajah

Ambil foto selfie menggunakan kamera ponsel yang digunakan untuk pengajuan dan tidak diperbolehkan untuk mengambilnya memakai kamera ponsel yang lain.

11. Data Rekening Bank

Supaya proses pencairan menjadi mudah maka jangan lupa masukan informasi terkait nama dan nomor rekening. Tujuannya yaitu menghindari terjadinya kemungkinan fraud ataupun penyalahgunaan.

12. Pinjaman Diproses 

Setelah seluruh data dimasukkan maka sistem credit scoring untuk mengolah serta memunculkan rekomendasi plafon serta tenor pinjaman yang dapat diambil.

13. Verifikasi Kredit

Proses verifikasi ini dilakukan agar kemungkinan untuk kredit disetujui lebih besar. Namun perlu diingat tidak ada jaminan seluruh pengajuan akan diterima.


14. Persetujuan

Keputusan paling final yaitu approve ataupun reject. Limit untuk pinjaman pertama biasanya kecil namun setelah berhasil melakukan pelunasan pertama kalian bisa mengajukan untuk kenaikan limit. Umumnya ketika pengajuan ditolak kalian dapat melakukan peninjauan kembali sesuai yang disampaikan pada aplikasi.

15. Lama Persetujuan

Persetujuan yang diberikan tergolong singkat dan tidak sampai jangka waktu 24 jam dan pencairan dilakukan dalam waktu 2 hari kerja. Nantinya kalian akan memperoleh notifikasi lewat aplikasi ketika uang sudah ditransfer ke dalam rekening bank.

16. Penagihan Gagal Bayar dan DC Mendatangi Rumah

Biasanya Home Credit mengirimkan sms ke nomor kalian sekitar 1 hari sebelum jatuh tempo guna mengingatkan untuk melakukan pelunasan.

Setelah mengetahui cara pinjam uang lewat Home Credit maka selanjutnya yang perlu diketahui yaitu proses collection dari Home Credit.


Cara Pembayaran

Anda bisa melakukan pelunasan menggunakan ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking.

1. Collection

Ketika Anda telat membayar dan sudah melewati tanggal jatuh tempo nantinya Home Credit akan melakukan proses collection seperti berikut:

  • Desk Collection, merupakan penagihan dengan memakai sarana komunikasi serta tidak terbatas menggunakan apps-reminder, email, WhatsApp, SMS, telepon, dan juga sarana komunikasi yang lain.
  • Field Collection Kunjungan, merupakan penagihan yang dilaksanakan secara langsung dengan cara kunjungan ke domisili peminjam.


2. Kunjungan Debt Collector Ketika Gagal Bayar

Biasanya fintech akan memberikan penekanan di proses penagihan menggunakan telepon pada desk collection. Akan tetapi penagihan kunjungan juga bisa dilakukan jika diperlukan.

Ketika nasabah telah hilang kontak maka kunjungan field collection baik ke rumah maupun kantor akan dilakukan. Umumnya kunjungan ini jika Anda mengalami keterlambatan 30 hari lebih jadi Anda harus bersiap-siap jika ada debt collector yang datang.

Jadi itulah informasi terkait cara pinjam uang lewat Home Credit dan informasi lainnya. Pastikan sebelum melakukan pinjaman online baca terlebih dahulu syarat dan ketentuannya terutama masalah bunga dan denda keterlambatan agar Anda tidak merasa dirugikan nantinya.
Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment