Jasa Edit Foto Online Cepat, Murah dan Berkualitas Pesan Sekarang

Table of Content

Berbagai Cara Membayar Shopee Paylater Jika Akun Hilang Mudah Diterapkan

Cara membayar Shopee Paylater jika akun hilang itu menyesuaikan dengan permasalahannya, seperti lupa password, nomor tidak aktif dan lain-lain.
Bagaimana cara membayar tagihan Paylater jika HP hilang

Banyak orang yang masih bingung bagaimana cara membayar Shopee Paylater jika akun hilang. Apalagi bila masih baru pertama kalinya kehilangan akun. Ketika akunnya hilang padahal harus segera membayar tagihan akan menyebabkan proses pembayaran terhambat.

Sebenarnya bisa saja membayar tagihan Shopee Paylater tanpa aplikasi. Pertanyaannya, bagaimana cara bayar Shopee Paylater tanpa aplikasi? Yaitu melalui Alfamart atau Indomaret. Tapi, tetap perlu masuk ke akun terlebih dahulu.

Sebab, harus memilih metode pembayaran Indomaret atau Alfamart terlebih dahulu, kemudian melakukan konfirmasi. Ada berbagai cara membayar tagihan Shopee Paylater bila Anda kehilangan akun bisa dilakukan, berikut pembahasan lebih lengkapnya.

Baca juga: Bayar Easy Cash Lewat Indomaret: Cara Mudah Bayar di Berbagai Merchant

Beragam Cara Membayar Shopee Paylater Jika Akun Hilang

Bagaimana cara bayar Shopee Paylater tanpa aplikasi?

Bagi pengguna layanan aplikasi Shopee, harusnya tidak asing dengan fitur Paylater ini. Fitur ini merupakan solusi terbaik dalam memberikan pinjaman kepada pengguna Shopee, sehingga mereka tetap bisa melakukan pembelian alias berbelanja walaupun sedang tidak punya uang.

Terkait masalah keamanan sudah terjamin, karena diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan. Dalam penggunaan aplikasi ini, ada saja permasalahan yang kemungkinan timbul. Salah satunya kebingungan pengguna mengenai cara membayar Shopee Paylater jika akun hilang.

Bila membahas tentang tata cara pembayaran tagihan tersebut, sebenarnya menyesuaikan dengan masalahnya apa. Berikut ini akan dibahas lebih lanjut tentang tata cara pembayaran menyesuaikan dengan permasalahannya.


1. Lupa Password

Permasalahan pertama yaitu lupa kata sandi atau password akun. Bagaimana membayar Paylater bila akunnya hilang karena lupa password atau kata sandi? Caranya yaitu dengan melakukan reset password.

Mereset password bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur lupa password tersedia agar pengguna dapat masuk lagi. Bagi Anda yang ingin menerapkan cara membayar Shopee Paylater jika akun hilang akibat lupa password, bisa meresetnya dengan langkah berikut:

  1. Awali langkah dengan membuka aplikasi Shopee yang sudah terpasang di ponsel.
  2. Akan muncul halaman login, tekan bagian menu lupa password.
  3. Setelah itu masukkan nomor ponsel yang sebelumnya sudah terdaftar di Shopee.
  4. Lanjutkan dengan menginputkan kode captcha tertera yang sesuai.
  5. Tunggu beberapa saat sampai kode OTP dikirimkan oleh pihak Shopee, bisa lewat sms atau pesan WhatsApp.
  6. Bila kode OTP sudah dikirimkan, Anda bisa memasukkannya pada kolom tersedia.
  7. Kemudian buatlah kata sandi atau password baru.
  8. Sekarang password telah berhasil diubah dan bisa digunakan untuk login.

Dalam membuat kata sandi sudah ada ketentuannya, tidak bisa sembarangan. Password yang dibuat minimal memiliki masing-masing satu huruf kecil dan kapital. Pembuatan kata sandi bisa 8 hingga 16 karakter.


2. Nomor Sudah Tidak Aktif

Berikutnya adalah cara membayar Shopee Paylater jika akun hilang bila nomornya sudah tidak aktif dan secara tidak sengaja log out akun. Ditambah lagi lupa dengan kata sandinya.

Ketika Anda mengalami kondisi seperti ini, solusi terbaik yang bisa dilakukan yaitu meminta bantuan bagian customer service Shopee. Caranya yaitu dengan mengirimkan pesan email kepada bagian customer service Shopee.

Isi dari pesan tersebut yaitu ingin meminta pengajuan perubahan nomor ponsel dari yang tidak aktif menjadi aktif. Tunggu sampai Anda memperoleh balasan dari mereka yang nantinya bisa menjadi solusi permasalahan tersebut.

Sebenarnya tidak harus melalui email, pengirimkan pesan terkait permasalahan tersebut melalui Instagram juga bisa ke akun resminya di @shopee_id. Mereka cukup aktif dalam merespons setiap keluhan yang dikirimkan lewat DM Instagram.

Cara membayar Shopee Paylater jika akun hilang akibat nomor sudah tidak aktif ini juga bisa dilakukan dengan menekan bagian menu Lupa, lalu memilih Nomor Telepon Berubah?. Sesudah itu, Anda dapat mengubah kata sandi, kemudian login ke akun. 

Tidak perlu sungkan langsung menghubungi bagian customer service bila mengalami kendala tertentu, termasuk mengubah nomor ke yang aktif supaya segera teratasi. Jadi, nantinya pembayaran tagihan bisa segera dilakukan sebelum jatuh tempo.


3. Akun Dibatasi

Permasalahan yang mungkin terjadi lainnya saat menggunakan Shopee Paylater yaitu akun dibatasi. Ada berbagai penyebab mengapa akun bisa dibatasi oleh pihak Shopee. 

Salah satunya karena alasan keamanan, di mana akun tersebut terdeteksi melakukan uji coba peretasan. Ketika permasalahan seperti ini terjadi akan menyebabkan pembayaran tagihan menjadi terhambat.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya segera hubungi bagian customer service aplikasi ini. Cara membayar Shopee Paylater jika akun hilang akibat dibatasi bisa melalui nomor (021) 8060 4253 atau mengirimkan email ke customerservice@cmf.co.id.

4. Aplikasi Terhapus

Ada situasi di mana ingin membayar tagihan Paylater tapi aplikasi secara tidak sengaja terhapus. Bila Anda mengalami kondisi seperti ini, solusinya sangat mudah. Yaitu tinggal mengunduh dan memasang lagi aplikasi ini pada perangkat melalui Play Store.

Baru setelah itu bisa segera login lagi dan bayarkan tagihan. Karena harus mengunduh ulang, pastikan mempunyai jaringan internet yang stabil agar prosesnya berjalan lancar dan cepat.

Baca juga: Aplikasi Indodana Apakah Aman? Simak Fakta dan Kelebihan yang Dimiliki Indodana

5. HP Hilang

Salah satu pertanyaan yang kerap dipertanyakan adalah, bagaimana cara membayar tagihan Paylater jika HP hilang? Salah satu caranya yaitu meminjam ponsel teman untuk login ke akun Anda, lalu membayar tagihannya.

Sebagaimana kita tahu, HP tiba-tiba hilang itu sangat mungkin terjadi. Penyebabnya beragam, bisa karena lupa menyimpan, dicuri oleh orang lain atau kecopetan. 

Cara membayar Shopee Paylater jika akun hilang akibat mengalami permasalahan seperti ini lainnya yaitu bisa login memakai website. Alternatif yang lain adalah membeli ponsel baru dan melakukan install ulang aplikasi.

Sebaiknya urus kartu seluler pada ponsel hilang tersebut menyesuaikan dengan yang sedang digunakan. Dalam hal ini bisa ke gerai tri, grapari atau sejenis lainnya. Tujuan pengurusan ini supaya nomor lama tetap aktif, sehingga mempermudah saat login akun.


Ketika mengalami permasalahan tertentu, seperti cara membayar Shopee Paylater jika akun hilang yang membuat proses pembayaran tagihan terkendala, sebaiknya segera atasi. Jangan menunda terlalu lama karena dikhawatirkan terkena jatuh tempo.

Sebab, bila terkena jatuh tempo, Anda harus membayarkan denda keterlambatan sejumlah 5 persen setiap bulannya. Nominal 5 persen tersebut dari seluruh jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Bila tidak yakin mengatasinya sendiri, sebaiknya langsung tanyakan saja kepada pihak customer service. Nantinya mereka akan memberikan informasi tentang cara membayar Shopee Paylater jika akun hilang secara responsif sesuai dengan permasalahan yang sedang Anda alami.

Post a Comment