Jasa Edit Foto Online Cepat, Murah dan Berkualitas Pesan Sekarang

Table of Content

2 Cara Scan Dokumen di Printer Berbasis Windows dan Mac

Cara scan dokumen di printer cukup mudah dilakukan dengan hasil bagus, baik di komputer berbasis Windows atau Mac.
2 Cara Scan Dokumen di Printer Berbasis Windows dan Mac

Apakah Anda sudah mengetahui cara scan dokumen di printer? Mungkin Anda bekerja atau beraktivitas yang hampir setiap waktu mengandalkan komputerisasi, seperti di perkantoran, bisnis, hingga urusan administrasi.

Sangat mungkin memanfaatkan perangkat printer yang terhubung di gadget untuk melakukan scanning atau memindai beragam dokumen. Cara seperti itu lebih mudah dan praktis dilakukan dengan tujuan menyimpan dokumen dalam bentuk softcopy atau digital.

Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui caranya scan dokumen di printer beserta langkah-langkahnya yang benar serta direkomendasikan. Apalagi Anda yang sudah memiliki printer dengan fasilitas scanning di dalamnya, sehingga memang harus memanfaatkannya.


Mengenal Cara Scan Dokumen di Printer untuk Mempraktikkannya

Scanning dokumen biasanya menggunakan alat khusus scanner yang ukurannya cukup besar. Untuk dapat memfungsikannya, tentu saja harus menghubungkan alat tersebut pada gadget, seperti personal computer (PC), laptop, atau notebook.

Namun seiring kemajuan dan perkembangan zaman, scanner berukuran semakin kecil. Bahkan, fungsi scanning bisa dilakukan di sebuah printer khusus yang mampu melakukannya. Jadi, printer tersebut tidak hanya untuk mencetak dokumen saja, tetapi juga dapat memindai hingga fotocopy.

Sekarang, printer seperti banyak banyak dijual di pasaran dengan harga semakin terjangkau semua orang. Namun demikian, Anda yang memilikinya apakah sudah mampu cara scan dokumen di printer? Jika belum, silahkan membaca uraian langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Cara Scanning di Printer Berbasis Windows

Komputerisasi berbasis Windows lebih populer di Indonesia karena banyak orang menggunakannya. Dengan kata lain sistem operasi komputer berbasis Windows lebih familiar untuk masyarakat Indonesia.

Namun demikian, Anda sebagai salah satu penggunanya mungkin belum mengetahui cara scan dokumen di printer berbasis Windows. Jika benar seperti itu, sebaiknya membaca dan mengetahui langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Sebelum melakukan scanning dokumen, Anda harus menyiapkan terlebih dulu perangkat printernya. Tentu saja printernya sudah terkoneksi dengan gadget, seperti PC atau laptop agar bisa menyimpan hasil pemindaiannya.
  • Setelah terhubung, silahkan Anda membuka bagian Setting, lalu mengklik Windows & Scan. Lakukan dan isi beberapa opsi untuk menyiapkan sambungan printer dengan komputer.
  • Selanjutnya, siapkan kertas dokumen yang ingin dipindai dengan menempelkan ke bagian atas printer. Tempelkan bagian kertas yang ada tulisan atau gambarnya dan jangan sampai terbalik.
  • Setelah itu, tutup scanner dan tunggu hingga jendela Windows Fax & Scan terbuka. Lalu, klik ikon Fax and Scan dan pilih opsi New Fax.
  • Jangan lupa mengatur resolusi dokumen yang discan sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Setelah itu, klik Scan untuk memulai proses memindai dokumennya dan tunggu saja hingga selesai.
  • Selesai discan, Anda dapat menyimpan file gambarnya di folder atau tempat yang diinginkan. Dengan begitu, mudah untuk melihat atau mengambil filenya nanti.


2. Cara Scanning di Printer Berbasis Mac atau iOS

Selain berbasis Windows, ada juga cara scanning untuk komputer berbasis Mac atau iOS. Untuk sekarang, sepertinya pengguna komputer berbasis sistem operasi yang satu ini semakin banyak. Oleh karenanya, cara menggunakan printer dengan fungsi scanning juga perlu diketahui.

Lalu, bagaimana cara scan dokumen di printer berbasis iOS? Silahkan menyimak beberapa langkahnya sebagai berikut.

  1. Siapkan komputer dan printer yang akan digunakan. Sambungkan kedua peralatan gadget tersebut dengan kabel USB yang cocok. 
  2. Setelah itu, nyalahkan komputer dan printernya. Siapkan juga dokumen yang ingin discanning, lalu buka penutup scanner.
  3. Tempelkan bagian tulisan atau gambar pada kertas dokumen ke bagian atas scanner, lalu tutup.
  4. Selanjutnya, Anda klik logo Apple di komputer, lalu cari menu Preferensi Sistem di bagian Setting. Setelah itu, pilih opsi Pencetak dan Pemindai.
  5. Klik ikon Scan di daftar sebelah kiri, lalu pilih buka scan di sebelah kanan. Setelah itu, pilih Pemuat Dokumen dan Anda dapat mengatur resolusi, pencahayaan, warna, serta lokasi penyimpanan filenya.
  6. Setelah pengaturan selesai, Anda klik saja Scan untuk memulai proses pemindaian dokumen. Tunggu hingga selesai dan secara otomatis file gambar akan tersimpan di lokasi yang sudah ditentukan.

Jadi, ada dua cara scanning menggunakan printer scanner dibedakan menurut sistem operasional komputernya, yaitu Windows dan Mac. Selanjutnya, silahkan Anda mempraktikkan salah satu atau kedua cara scan dokumen di printer tersebut sesuai kebutuhan.

Post a Comment