Jasa Edit Foto Online Cepat, Murah dan Berkualitas Pesan Sekarang

Table of Content

3 Cara Menggabungkan Dua Foto di Story Instagram Gratis

Berikut cara menggabungkan dua foto di story Instagram dengan mudah.
3 Cara Menggabungkan Dua Foto di Story Instagram Gratis

Saat ini, Instagram menyediakan berbagai fitur Layout untuk cara menggabungkan dua foto di story Instagram agar gabungan foto Anda terlihat lebih menarik dan kreatif. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat kolase.

Cara mengakses fitur Layout di Instagram bervariasi tergantung pada perangkat dan versi Instagram yang Anda gunakan. Namun, secara umum, ikon Layout langsung muncul apabila Anda membuka kamera untuk membuat story.

Apa Itu Foto Kolase?

Foto kolase mengacu pada gambar atau karya seni yang menggabungkan beberapa foto atau gambar menjadi satu komposisi yang lebih besar. Bentuk kolase dibuat dengan menggunakan elemen-elemen visual dari foto-foto yang ada untuk menciptakan gambar baru yang unik.

Foto kolase mencakup berbagai gaya dan konsep, tergantung pada tujuan seniman atau desainer. Foto kolase adalah cara kreatif untuk menggabungkan elemen-elemen visual dari gambar yang berbeda untuk menciptakan sesuatu yang unik dan penuh ekspresi.

Untuk membuat foto kolase, Anda dapat menggunakan aplikasi editing foto atau desain grafis seperti Adobe Photoshop, GIMP, CorelDRAW, atau aplikasi Android dan iPhone yang khusus dirancang untuk pembuatan kolase.

Caranya adalah cukup dengan mengimpor foto-foto yang ingin digunakan, mengatur foto- sesuai keinginan, dan menyatukannya menjadi satu gambar baru. Selain itu, Anda juga bisa melakukan cara memunculkan multiple di story Instagram dengan fitur Layout.


Cara Menggabungkan Dua Foto di Story Instagram

Bagi Anda yang ingin membuat foto kolase untuk story di Instagram, berikut ini adalah cara menggabungkan foto di story Instagram tanpa aplikasi dan dengan aplikasi.

1. Fitur Swipe-Up

Pada media sosial Instagram, ada ada fitur "Swipe Up" khusus untuk cara membuat kolase foto di IG atau menggabungkan dua foto sebelum di-upload ke Story.

  1. Buka aplikasi Instagram, kemudian arahkan ponsel ke kamera Story.
  2. Usap layar ke atas, kemudian pilih foto yang sudah diambil dengan kamera ponsel.
  3. Setelah layar Story berisi foto pertama, usap layar ke atas.
  4. Pilih ikon kotak bertumpuk dengan tanda tambah (+) di tengahnya.
  5. Pilih foto ke dua dari Galeri ponsel, kemudian geser foto dan posisikan letaknya sesuai kebutuhan.
  6. Tahan foto sembari lebarkan kedua jari untuk mengubah ukuran foto.
  7. Bisa juga melakukan tap pada foto untuk mengubah bentuk bingkai foto.

2. Fitur Layout

Cara menggabungkan dua foto di story Instagram lain adalah dengan menggunakan fitur Layout. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak poin-poin berikut ini.

  1. Buka aplikasi Instagram, lalu klik ikon untuk membuat Story.
  2. Pada bagian kiri layar terdapat ikon kolase atau kotak dengan tiga pembagian kotak lebih kecil di dalamnya. Klik ikon Layout tersebut.
  3. Klik tanda panah ke bawah untuk memilih opsi di mana layar terbagi menjadi dua kapasitas foto (secara landscape atau portrait).
  4. Klik ikon potret untuk mengambil foto sesuai dengan kotak kosong.
  5. Jika Anda ingin menggunakan foto yang sudah ada, pada kotak kamera yang aktif, klik ikon Galeri di sebelah kiri tombol potret.
  6. Lakukan sebanyak dua kali, dan atur posisi foto yang ingin diletakkan di atas-bawah dan kiri-kanan.

3. Aplikasi Pihak ke Tiga

Selain dari Instagram langsung, ada cara menggabungkan dua foto di story Instagram dengan bantuan aplikasi ke tiga. Pada aplikasi bantuan, Anda tinggal memilih opsi kolase atau sering dinamai dengan fitur Grid.

Beberapa aplikasi yang mendukung fitur yang membantu penggunanya dalam cara membuat kolase di Instagram Story adalah:

  • Canva
  • Adobe Spark Post
  • Pic Collage
  • PicsArt
  • inShot
  • CapCut
  • Photogrid
  • Fotor
  • Moldiv
  • B612
  • Unfold

Mengapa Membuat Foto Kolase?

Berikut adalah beberapa situasi di mana foto kolase dipilih untuk menggabungkan satu kenangan dengan gambar yang berbeda-beda.

1. Album Foto

Orang sering membuat foto kolase untuk mengenang momen-momen khusus dalam hidup mereka, seperti liburan, pernikahan, kelahiran, atau perjalanan penting lainnya.

Termasuk di media sosial, cara kolaborasi story di Instagram, gabungan beberapa foto dari acara tersebut menciptakan suasana dengan lebih efektif.

2. Portofolio

Fotografer profesional dapat menggunakan foto kolase untuk menampilkan berbagai jenis karya mereka dalam satu gambar. Opsi ini akan memberikan pandangan singkat tentang beragam gaya fotografi yang mereka kuasai.


3. Ekspresi Kreativitas

Beberapa seniman dan desainer menggunakan foto kolase sebagai alat ekspresi kreatif untuk menciptakan gambar yang unik dan eksperimental. Mereka dapat menggabungkan berbagai elemen foto dengan cara yang artistik untuk menyampaikan pesan atau emosi tertentu.

4. Mosaik

Foto kolase juga dapat digunakan untuk menciptakan mosaik di mana gambar-gambar kecil digabungkan untuk membentuk gambar yang lebih besar. Seni ini dikenal sebagai cara yang populer untuk membuat karya seni atau gambar dengan rincian halus.

5. Karya Abstrak

Beberapa seniman menggunakan teknik foto kolase untuk menciptakan karya seni abstrak yang menarik dengan menggabungkan elemen-elemen gambar menjadi satu komposisi yang penuh ekspresi dan gaya yang bervariasi.

6. Narasi

Kolase juga dapat digunakan untuk menceritakan kisah atau mengkomunikasikan pesan tertentu. Dengan menggabungkan gambar-gambar yang berbeda, seseorang dapat menciptakan narasi visual yang kuat dan berkesinambungan.

Penutup

Cara menggabungkan dua foto di story Instagram bisa dilakukan tanpa aplikasi atau langsung di Instagram dan dengan bantuan aplikasi pihak ke tiga. Sebelum mem-posting, pastikan foto-foto gabungan sesuai dengan format rasio aspek 9:16.

Post a Comment