Cara Upload Video YouTube Agar Mudah di Cari

Berikut ini beberapa tips dan cara agar video hasil upload untuk YouTube agar mudah ditemukan di pencarian YouTube atau Google.
Cara Upload Video YouTube Agar Mudah di Cari

Membuat konten video untuk YouTube memang tak semudah membuat konten-konten video seperti kebanyakan platform sosial media pada umumnya. Dimana video agar banyak ditonton oleh pengguna haruslah memiliki beberapa cara agar menarik untuk diklik dan ditonton.

Setelah membuat video untuk YouTube yang bagus jika tidak ada yang menonton rasanya pembuatan video yang sudah susah payah kita buat seperti sia-sia.

Perlu kita ketahui jika meng-upload video untuk YouTube sebenarnya agar banyak yang menonton tidak lah sembarangan upload saja, terdapat beberapa kaidah atau trik yang sebaiknya kita gunakan agar upload video youtube mudah dicari oleh pengguna.


Berikut ini beberapa saran kami untuk sobat daring yang ingin video YouTube yang sudah di upload agar mudah ditemukan di mesin pencarian seperti Google, YouTube dan mesin pencarian lainnya.

Saat video YouTube kita mudah ditemukan, tentu membuat jam tayang atau rasio klik akan pasti meningkatkan, terlebih hasil upload video pada YouTube kita bertengger di halaman satu pencarian pada kata kunci tertentu atau juga berada di posisi pertama di pencarian YouTube. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi channel YouTube kita.

Oke, langsung saja berikut ini beberapa trik cara upload video youtube agar mudah dicari oleh user dari pengalaman kami saat meng-upload video untuk YouTube dan berhasil bertengger pada posisi pencarian di YouTube maupun halaman pertama di pencarian google search.

Cara Upload Video YouTube Agar Mudah di Cari

1. Riset kata kunci

Cara upload video youtube agar mudah dicari yang pertama yaitu silahkan sobat daring sebelum membuat atau memproduksi video alangkah baiknya meriset terlebih dahulu beberapa kumpulan kata kunci yang sudah tersedia pada bar pencarian atau menggunakan tools gratisan seperti keywordtools.io atau VidQ

Karena jika tidak atau kita sembarangan memberikan judul pada video yang akan kita upload maka sudah dijamin akan sedikit sekali orang yang menonton pada video YouTube kita

Terkecuali channel YouTube yang kita miliki sudah besar dan sudah memiliki banyak subscriber. Jika kita membuat judul hanya titik saja pun pasti ada saja yang menonton.

Jika channel kita masih kecil disarankan untuk membuat judul video sesuai kata kunci yang sudah ada atau direkomendasikan dari google atau YouTube search.

2. Pilih kata kunci minim kompetitor

Memilih judul dengan kata kunci minim kompetitor memungkinkan, bahkan pasti video upload di YouTube berhasil bertengger pada posisi pertama pencarian.

Simpan saja kita membuat video YouTube dengan judul atau kata kunci "Cara Upload Video YouTube" 

Meski mudah sekali kita membuat video tersebut, namun sudah pasti video kita tidak akan mudah ditemukan, kecuali channel kita sudah besar (memiliki banyak subscriber dan jam tayang tinggi)

Berbeda jika membuat judul dengan kata kunci minim kompetitor, contohnya "Kata kata jangan lupa like comment dan subscribe". Kata kunci ini tidak sembarangan kita buat tentunya, tetapi melihat dari pencarian yang sudah tersedia dari pencarian YouTube itu sendiri.

Setelah kita meriset atau mereview apakah sudah ada channel YouTube yang membuat judul dengan kata kunci diatas dan ternyata belum ada yang membuat nya, maka sudah dipastikan video upload kita pada YouTube dipastikan bertengger pada posisi pertama dan muncul di halaman pertama pencarian.

Jangan takut video kita tidak ada yang menonton, karena pasalnya kita membuat judul video dari Kata kunci yang kita ambil dari hasil search engine YouTube atau Google, artinya sudah pasti banyak atau ada sejumlah volume yang mencari kata kunci tersebut.

3. Gunakan Long tail keyword

Long tail keyword memungkinkan kita menggunakan kata kunci yang lebih spesifik.

Tapi apa itu long tail keyword? Dan apa bedanya Long tail keyword dan short tail keyword?

Singkatnya, Short tail keyword adalah beberapa kata kunci yang hanya terdiri dari dua sampai tiga suku kata saja. Sedangkan Long tail keyword beberapa kata kunci yang terdiri dari lebih dari 3 suku kata.

Contoh Short tail keyword: "Cara Edit Video"
Contoh Long tail keyword: "Cara Edit Video Menggunakan Hp Android Tanpa Aplikasi"

Jika saja kata kunci yang kita bidik "Cara mengupload video YouTube" sudah pasti pesaing atau kompetitor dari kata kunci tersebut sudah banyak dan sulit video kita berada di posisi teratas.

Maka dari itu disini kita gunakan kata kunci yang lebih panjang dan spesifik. Contoh "Cara Upload Video YouTube di iPhone Tanpa Aplikasi"

Jika belum ada yang membuat video YouTube dengan kata kunci diatas sudah dipastikan video kita mudah ditemukan bahkan bertengger di posisi teratas.

4. Gunakan Backlink

Banyak nya backlink yang mengarah pada video pada channel YouTube kita pun lumayan berpengaruh pada performa video yang kita upload.

Tapi dari mana backlink tersebut berasal?

Kita bisa membuat backlink yang mengarah pada video kita dari hasil promosi video dari sosial media seperti Facebook, Twitter dan sosial media lainnya.

Usahakan setelah meng-upload video, agar banyak penonton saat pertama liris, ada baiknya langsung membagikan pada grup seperti WhatsApp, grup Facebook yang ada kaitannya dengan judul video yang kita buat.

Hal ini dilakukan pengupayaan performa video yang kita pertama kita upload memiliki retensi penonton yang cukup banyak, dan meyakinkan algoritma YouTube atau Google untuk mempromosikan nya untuk berada di posisi pertama dan teratas saat pengguna mencari dengan kata kunci tersebut.

Akhir Kata

Yups sobat daring, itu dia beberapa cara upload video youtube agar mudah dicari oleh pengguna dari pengalaman pribadi kami.

Termasuk kata kunci pada artikel cara upload video youtube agar mudah dicari ini pun, kami membuat artikel ini berdasarkan kata kunci yang banyak dicari orang pada mesin pencarian agar lebih sering berada di posisi teratas.

Terakhir, memang seperti inilah resiko dari channel atau blog kecil atau baru, jika kita bukan artis atau orang terkenal, maka yang bisa kita gunakan selain beriklan atau promosi, hanya bidikan keyword yang jelas dan pas yang bisa kita gunakan secara gratis cara upload video youtube agar mudah dicari.

Sekian cara upload video youtube agar mudah dicari, semoga membantu, ada banyak sekali kemungkinan cara upload video youtube agar mudah dicari, tetap semangat, tetap bereksperimen agar video upload Youtube kita mudah dicari dan ditemukan.***

Cara upload video youtube agar mudah dicari


Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment