Bisnis Vtuber adalah? Ini Penjelasannya

Bisnis Vtuber adalah hiburan yang konon menghasilkan uang. Lantas, sebenarnya apa itu Vtuber? Vtuber sendiri merupakan singkatan dari Virtual YouTuber
Daringspot.com - Perkembangan teknologi digital saat ini sudah membaur di tengah masyarakat. Hal tersebut tak terkecuali pada bidang hiburan Tanah Air. Salah satu hiburan baru yang muncul sebagai media hiburan masyarakat adalah Vtube. Bisnis Vtuber adalah hiburan yang konon menghasilkan uang. 

Lantas, sebenarnya apa itu Vtuber? Vtuber sendiri merupakan singkatan dari Virtual YouTuber. Sebenarnya, tak jauh berbeda dengan YouTuber-YouTuber yang lainnya, hanya saja Vtuber menggunakan karakter yang berbeda. Agar lebih memahami, simak penjelasan bisnis Vtuber berikut.


Apa Itu Bisnis Vtuber?

Sama seperti hiburan lainnya, bisnis Vtuber adalah salah satu jenis hiburan yang juga dapat ditonton melalui platform video, seperti YouTube dan lainnya. Bedanya, para pemilik akun Vtuber menggunakan karakter animasi 2D atau 3D sebagai bahan konten. 

Bisnis Vtuber adalah? Ini Penjelasannya

Konten-konten yang disajikan pun cukup beragam. Di antaranya adalah gaming, cover lagu. reaction, dan lainnya.

Bahkan, terkadang para Vtuber ini menyisipi unsur-unsur komedi pada kontennya. Hal itu bertujuan untuk membuat penonton terhibur. Lantas, bagaimana cara menjadi Vtuber?

Ingin Coba Jadi Vtuber, Persiapkan Hal Ini!

Dengan iming-iming mendapatkan uang dengan instan, banyak orang berbondong-bondong berkeinginan membuat akun Vtube. Jika Anda termasuk salah satu di antaranya, maka Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut untuk mempersiapkannya berikut.

1. Karakter untuk Konten

Pemilik akun Vtube dapat menggunakan karakter animasi yang sudah ada atau mengenalkan karakter buatannya sendiri. Namun, karakter yang dibuat harus didesain sedemikian rupa agar animasi dapat bergerak dengan leluasa. 

Hal tersebut penting agar karakter mudah berinteraksi dengan viewer-nya atau penonton. Mempersiapkan karakter menjadi hal penting dalam bisnis Vtuber. Pasalnya, bisnis Vtuber adalah sarana hiburan yang bekerja sama dengan perusahaan animasi. 

2. Komputer dengan Spesifikasi Tinggi

Fitur yang dapat mendukung untuk menggerakkan animasi adalah motion capture. Nantinya, karakter ini akan mengikuti Gerakan sang Vtuber. Nah, perlu diketahui bahwa aplikasi Motion Capture ini hanya dapat dijalankan pada komputer dengan spesifikasi komputer mumpuni.


3. Memiliki Akun Platform Video

Selain memperhatikan cara membuat kontennya, Anda juga perlu memikirkan platform publikasinya. Salah satu platform yang sering digunakan oleh Vtuber untuk menyiarkan siaran langsungnya adalah YouTube.

Hal itu lebih menguntungkan, karena penontonnya bisa langsung berinteraksi dengan kreator dari Vtuber itu sendiri.

4. Akun Donasi

Selain mendapat edsense atau endorse, Vtuber juga dibuat untuk menghasilkan pemasukan tambahan dari donasi para Viewer. Dengan akun donasi tersebut, Vtuber akan mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu akun donasi yang dapat digunakan adalah Trakteer dan Saweria. 

5. Gunakan Agensi Vtuber

Cara ini menjadi hal yang opsional bagi Vtuber pemula. Jika Anda sudah tergabung pada Vtube, selanjutnya Anda disarankan menggunakan agensi Vtuber. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda lebih mudah sukses dengan bimbingannya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi Vtuber. Meski banyak orang yang tertarik dengan bisnis ini, akan tetapi tak jarang pula orang yang mempertanyakan hukum Vtube. Lantas, apakah Vtube aman bagi para penggunanya? 


Perkembangan Vtuber

Sebagai bisnis yang terbilang baru, bisnis Vtuber adalah bisnis yang banyak menarik perhatian, tak terkecuali masyarakat di Tanah Air.

Kini, telah banyak Vtuber lokal yang mengembangkan bisnis melalui Vtube. Ada juga Vtuber lokal yang bekerja sama dengan Vtuber luar negeri untuk membuat konten. 

Namun, tak sedikit dari masyarakat Indonesia yang mempertanyakan apakah Vtube sudah legal? Pasalnya, Vtube sendiri merupakan salah satu bisnis online yang diawasi oleh OJK dan Satgas. 

Meski begitu, sejauh ini, banyak member Vtube yang masih bisa mendapatkan penghasilan dengan menyelesaikan misi menonton iklan. Untuk itu, Anda perlu waspada dalam bermain Vtube ini. Sebab, tak selamanya Vtube aka aman dan bisa ditutup sewaktu-waktu. 

Jadi, bisnis Vtuber adalah bisnis yang masih dipantau oleh OJK. Jika Anda tertarik bergabung, cara yang dapat dilakukan sangat mudah. Meski begitu, Anda perlu waspada. Pasalnya, beredar rumor bahwa bisnis Vtube ini akan ditutup, meskipun sempat mendapat lampu hijau dari OJK.

Jadi bagaimana, apakah Anda masih tertarik untuk bergabung pada bisnis vtuber atau justru sebaliknya? Semoga informasi di atas bermanfaat ya!
Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment