Jasa Edit Foto Online Cepat, Murah dan Berkualitas Pesan Sekarang

Table of Content

Cara Membeli Pelatihan Prakerja di Tokopedia Skill Academy

Cara membeli pelatihan Prakerja di Tokopedia skill academy mudah dilakukan untuk mendapatkan pelatihan kerja secara intensif.
Cara membeli pelatihan Prakerja di Tokopedia skill academy bisa Anda lakukan setelah terdaftar sebagai peserta Prakerja. Prakerja sendiri merupakan program pemerintah, di mana peserta mendapat pelatihan kompetensi kerja.

Peserta Prakerja akan menerima saldo yang digunakan untuk membeli pelatihan di platform yang bekerja sama dengan Kemenaker, yakni Skill Academy. Platform ini nantinya akan memberikan opsi bagi peserta memilih platform untuk membeli pelatihan.

Cara Membeli Pelatihan Prakerja di Tokopedia Skill Academy

Ada banyak platform untuk membeli pelatihan, salah satunya adalah Tokopedia. Anda bisa dengan mudah membeli pelatihan Prakerja di bidang yang diinginkan melalui marketplace ini.


Manfaat Menjadi Peserta Kartu Prakerja

Tujuan utama dari program Prakerja adalah untuk mengembangkan kompetensi, produktivitas dan daya saing pekerja di tanah air. Karena itu diberlakukan program Prakerja dengan cara membeli pelatihan Prakerja di Tokopedia skill academy.

Peserta pendaftar program Prakerja akan mendapat banyak manfaat. Manfaat pertama adalah akan diberikan pelatihan kerja secara intensif selama beberapa bulan.

Peserta mendapat sejumlah uang dengan total untuk masing-masing sebesar 3,5 juta rupiah. 1 juta rupiah berupa saldo mengendap dan tidak bisa dicairkan untuk tujuan membeli pelatihan.

2,4 juta rupiah diberikan kepada peserta untuk intensif dan bisa dicairkan setelah mengikuti pelatihan. Serta ada tambahan 150 ribu rupiah setelah mengisi survey Prakerja.

Ada berbagai macam pelatihan yang bisa Anda beli dengan saldo Prakerja tersebut. Anda bisa memilih pelatihan mana yang sesuai dengan passion.


Cara Membeli Pelatihan Prakerja di Tokopedia Skill Academy

Setelah menentukan bidang keahlian yang akan Anda kembangkan, Anda bisa langsung melakukan cara membeli pelatihan Prakerja di Tokopedia academy. Kemudian tentu saja mulai mengikuti pelatihan tersebut sampai selesai. Berikut ini caranya untuk Anda.

1. Login ke situs Skill Academy

Langkah pertama untuk membeli pelatihan Prakerja adalah melakukan login ke aplikasi atau situs web skill academy. Harap diperhatikan akun skill academy dan identitas di akun Prakerja harus sama dan sesuai.

2. Pilih Kelas

Pada halaman utama aplikasi skill academy, Anda klik opsi pada kerja di barisan menu. Di menu Prakerja, akan muncul berbagai pilihan terkait pelatihan yang ditawarkan.

Anda klik salah satu dari pelatihan tersebut yang ingin Anda ikuti. Setelahnya Anda klik opsi beli kelas online.

3. Pilih Metode Pembayaran

Cara membeli pelatihan Prakerja di Tokopedia skill academy berikutnya adalah memilih metode pembayaran. Ada beberapa opsi metode, Anda pilih Tokopedia sebagai platform pembelian.

Akan ada beberapa step by step lanjutan, Anda ikuti saja sesuai instruksi di aplikasi. Nanti Anda akan dibawa ke aplikasi Tokopedia untuk membeli pelatihan tersebut.

4. Masukan Nomor Kartu Prakerja

Setelah menentukan Tokopedia sebagai platform pembelian, berikutnya Anda input nomor kartu Prakerja. Tunggu beberapa saat sampai Anda menerima kode untuk verifikasi pembelian.

5. Masukan Kode Verifikasi

Input kode verifikasi tersebut pada kolom yang disediakan kemudian klik opsi bayar. Langkah berikutnya Anda bayar dengan menggunakan saldo Prakerja. Jika sudah, Anda klik menu lihat daftar transaksi.

6. Salin Kode

Di menu tersebut Anda salin kode untuk nanti digunakan mengakses pelatihan setelah melakukan cara membeli pelatihan Prakerja di Tokopedia skill academy. Kemudian buka skill academy dan input kode tersebut.

Sekarang Anda sudah resmi membeli dan siap mengikuti pelatihan Prakerja tersebut. Untuk mengikuti pelatihan, Anda tinggal klik menu lihat kelas di aplikasi skill academy.


Cara Membatalkan Pembelian Pelatihan Prakerja di Tokopedia

Ada kemungkinan setelah melakukan cara membeli pelatihan Prakerja di Tokopedia skill academy Anda merasa kurang pas dengan jenis pelatihannya. Mungkin Anda terburu-buru atau memilih secara sembarangan.

Jika Anda tidak yakin menyukai bidang pelatihan yang telah dipilih, tentu saja muncul keinginan untuk membatalkan. Lalu memilih bidang pelatihan lain yang lebih sesuai dengan passion.

Namun, apakah bisa membatalkan pembelian setelah pelatihan telah diverifikasi? Pertanyaan ini mungkin perlu untuk Anda cari tahu jawabannya secepatnya.

Namun, cara membatalkan pembelian pelatihan Prakerja di Tokopedia tidak bisa Anda lakukan. Di situs resmi Prakerja sendiri, setelah transaksi pembelian dilakukan, maka peserta tidak bisa membatalkan.

Hal ini dikarenakan pembayaran telah terkonfirmasi dengan lembaga pelatihan terkait. Sehingga jika ada pembatalan, akan mengacaukan program-program yang telah disusun.

Dengan kata lain Anda tidak bisa mengganti bidang pelatihan yang sudah dipilih. Dan Anda harus tetap mengikuti pelatihan tersebut sampai selesai untuk mendapat intensif.

Karena tidak bisa dibatalkan, maka disarankan untuk lebih teliti sebelum memutuskan membeli pelatihan. Pastikan pelatihan yang Anda pilih sesuai keinginan baru kemudian melakukan cara membeli pelatihan Prakerja di Tokopedia skill academy tersebut.

Post a Comment