Cara Daftar Bansos di Aplikasi Cek Bansos

Sedang mencari cara untuk daftar jadi penerima bansos? Begini cara daftar di aplikasi cek bansos. Coba sekarang untuk dapatkan bansos!
Segeralah unduh aplikasi cek bansos untuk bisa daftar PKH dan BPNT secara mudah. Kemensos telah menyediakan aplikasi yang bisa digunakan oleh masyarakat, khususnya mereka yang ingin daftar bansos. Aplikasi satu ini bisa didapatkan dengan mudah di Play Store untuk mendapatkan bansos dengan hanya menginput KK dan KTP saja bisa mendapatkan bantuan PKH dan BPNT sepanjang tahun. 

Untuk Anda yang belum terdata jadi penerima bantuan, bisa daftar PKH dan BPNT melalui aplikasi dari Kemensos satu ini. Bagi Anda yang belum pernah mendaftar tidak perlu cemas karena syarat dan caranya cukup mudah. Berikut ini merupakan cara daftar bansos melalui aplikasi dengan mudah dan cepat. 


Panduan Daftar Bansos di Aplikasi Cek Bansos 

Cara daftar bansos di aplikasi bansos

Panduan daftar bansos di aplikasi dengan mudah dan cepat adalah :

1. Unduh Aplikasi melalui Play Store 

Hal pertama yang Anda lakukan jika belum terdata sebagai penerima bansos dari pemerintah adalah dengan cara mengunduh aplikasi yang sudah disediakan oleh Kemensos. Anda bisa mengunduh aplikasinya melalui Play Store dengan mudah dan gratis. Pastikan perangkat Android Anda terkoneksi dengan internet untuk proses unduh dan menggunakan aplikasinya. 

Aplikasi satu ini berguna untuk daftar bansos sesuai dengan kebutuhan dan ada jenis bansos yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat dengan kriteria tertentu. Setelah Anda berhasil mengunduh aplikasi dan sudah berhasil terpasang bisa melanjutkan ke proses berikutnya yaitu buat akun. 

2. Buat Akun 

Bagi Anda yang belum memiliki akun, maka wajib daftar akun terlebih dahulu melalui aplikasi cek bansos. Caranya adalah dengan klik menu Buat Akun Baru yang tersedia di halaman utama. Bagi Anda yang sudah memiliki akun tinggal melakukan login saja. 

Saat daftar akun baru pastikan Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan baik supaya tidak gagal. Ada beberapa persyaratan yang harus Anda perhatikan dan disiapkan untuk membuat akun di aplikasi ini. Contoh syarat-syarat yang wajib disiapkan adalah KTP asli dan masih aktif, KK, melakukan selfie dengan memegang KTP dan juga foto rumah. 


3. Masukkan Data Diri Lengkap 

Langkah berikutnya adalah Anda akan diminta mengisi data diri lengkap di kolom yang tersedia. Masukkan data-data, seperti nomor KK dan NIK KTP secara lengkap. Pastikan Anda menggunakan identitas diri untuk daftar bansos sehingga bisa mendapatkan bantuan. 

Saat pengisian data harus baik dan benar sehingga data dapat dicek dengan baik. Kesalahan pengisian data akan mengakibatkan Anda tidak bisa memperoleh bansos, dikarenakan data tidak cocok. 

4. Melampirkan Foto KTP, Selfie dengan KTP dan foto rumah 

Langkah selanjutnya lagi adalah melampirkan Foto KTP, Selfie dengan KTP dan foto rumah tampak depan pada kolom yang telah tersedia. Pastikan saat pengambilan foto jelas sehingga datanya dapat terbaca dengan mudah.

Hasil foto yang tidak memenuhi syarat, seperti blur, gelap, KTP rusak sehingga data tidak terlihat bisa mempengaruhi saat proses pengecekan data. Oleh sebab itu, pastikan hasil fotonya jelas agar bisa terbaca datanya dengan mudah.  

5. Klik Buat Akun

Setelah Anda melampirkan foto KTP dan sebagainya sebaiknya cek data-data yang sudah diisi dengan baik sebelum membuat akun. Pastikan semua data sudah lengkap dan benar sehingga tidak terjadi kesalahan. Anda bisa langsung klik menu buat akun baru dan tunggu proses pendaftarannya. 


6. Pilih Menu Usulan

Bagi Anda yang berhasil melakukan registrasi, maka bisa memilih menu daftar usulan di menu utama pada aplikasi. Hal ini harus Anda lakukan untuk melakukan pendaftaran dan pemilihan bansos yang sudah tersedia. 

7. Memasukkan Data Diri dan Pilih Jenis Bansos

Anda akan diminta untuk memasukkan data diri kembali secara lengkap. Anda juga akan diminta memilih jenis bansos 2022 yang telah disediakan, seperti bansos BPNT dan PKH. Jika sudah berhasil daftar melalui aplikasi Anda tinggal menunggu proses verifikasi data. 

Jika Anda berhasil diverifikasi dan divalidasi maka Anda tinggal menunggu penyaluran bansos BPNT dan PKH sesuai dengan jadwal dan secara bertahap pemberiannya di wilayah tempat tinggal masing-masing.

Begitulah penjelasan mengenai cara daftar bantuan PKH dan BPNT melalui aplikasi cek bansos secara mudah. 
Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment