Upaya Meningkatkan Penjualan dengan Program Loyalitas Pelanggan pada Bisnis

Memiliki pelanggan yang loyal dapat memberikan keuntungan pada bisnis daripada pelanggan baru.
Upaya Meningkatkan Penjualan dengan Program Loyalitas Pelanggan pada Bisnis

Loyalitas pelanggan pada bisnis menjadi tolak ukur seberapa besar kemungkinan pelanggan kembali membeli produk Anda. Memiliki pelanggan yang loyal dapat memberikan keuntungan pada bisnis daripada pelanggan baru. Untuk mendapatkan pelanggan yang loyalitas lakukan upaya berikut:

1. Rutin Komunikasi

Melakukan Komunikasi yang intens antara pelanggan dan perusahaan akan membuat hubungan loyalitas pelanggan pada bisnis. Anda bisa mengatur komunikasi lewat Media sosial seperti Twitter, Facebook, email dan Instagram.

Platform tersebut dapat menjangkau komunikasi dengan banyak pelanggan sekaligus dan Anda bisa memberikan informasi kepada pelanggan mengenai perkembangan produk dan promosi yang sedang berlangsung.


2. Gunakan Feedback

Fenomena pelanggan datang dan pergi dalam suatu bisnis sangatlah normal. Namun, Anda harus meminimalisir tingkat penurunan tersebut sebanyak mungkin. Anda perlu mencari tahu alasan dan penyebab mereka pergi sehingga tidak menjadi pelanggan tetap. Maka, feedback termasuk cara yang dapat digunakan untuk mencari tahu penyebab tersebut.

Misalnya, melalui media sosial yang membuat Anda bisa mendapatkan feedback secara langsung. Pelanggan yang telah menggunakan produk nantinya akan berkomentar di akun media sosial resmi perusahaan.

Usahakan menanggapi komentar dan feedback pelanggan dengan sopan, cepat, dan profesional. Catat juga poin yang disampaikan pelanggan untuk diteruskan ke pihak internal agar melakukan perbaikan.

3. Berikan Reward

Memberikan reward termasuk cara terbaik dan mungkin termudah untuk menghargai kesetiaan pelanggan. Anda bisa memberikannya dalam bentuk diskon, voucher, bingkisan, dan bonus produk.

Selain itu, cara ini dapat mendorong pelanggan lainnya untuk lebih intens menggunakan produk agar mencapai reward yang ditawarkan perusahaan.


4. Layani Sepenuh Hati

Meskipun terkesan klise, melayani dengan sepenuh hati masih jadi faktor utama menangani pelanggan dalam etika bisnis.

Jika kita memperlakukan pelanggan dengan baik mereka akan selalu mengingatnya dan akan komplain jika mereka diperlakukan dengan buruk. Bahkan, bisa saja mereka memberi tahu teman dan keluarga mengenai pelayanan dari perusahaan Anda

Ketika image perusahaan terlanjur tercoreng karena cerita tak sedap dari ketidakpuasan pelanggan, maka perusahaan akan kehilangan peluang bisnis.

Itulah upaya meningkatkan penjualan dengan program loyalitas pelanggan pada bisnis. Mengembangkan loyalty program indonesia butuh banyak waktu? Tidak dengan OttoPoint. Temukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu di https://www.ottopoint.id/id/home Semoga berhasil. 

Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment