Tips Memilih Pemanas Air yang Ideal untuk Keluarga

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih jenis dan model pemanas air terbaik untuk rumah Anda. Berikut tipsnya di bawah ini.
Memilih pemanas air yang tepat untuk kamar mandi Anda sering kali menjadi dilema. Apalagi jika Anda menginginkan pemanas air listrik, Anda perlu memikirkan cara menggunakannya agar tidak boros listrik.

Tips Memilih Pemanas Air yang Ideal untuk Keluarga

Bila Anda mempunyai kolam renang, Anda bisa menggunakan alat pemanas air kolam renang yang hemat listrik yang saat ini banyak dipakai pada perumahan apartment, hotel, bahkan rumah sakit. Informasi lengkapnya bisa di klik pada link tautan.

Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih jenis dan model pemanas air terbaik untuk rumah Anda. Berikut tipsnya di bawah ini.


Sesuaikan Jumlah Penghuni rumah

Pertimbangan pertama adalah jumlah penghuni rumah Anda. Ini nantinya akan digunakan untuk menentukan kapasitas tangki air yang dibutuhkan. Jangan sampai salah memilih tangki air di water heater. Anda mungkin harus menunggu lebih lama sampai air panas keluar.

Pada tangki 15 liter biasanya diperuntukkan 2 orang, tangki 30 liter untuk 3-4 orang. Kapasitas 30 liter, cocok untuk 3-4 orang.

Pastikan Daya Listrik Memadai

Selanjutnya, pastikan pasokan listrik di rumah Anda cukup dan sesuai untuk penggunaan pemanas air. Jika aspek ini diabaikan, dapat mempengaruhi aktivitas seluruh keluarga Anda.

Jangan Lupa Memeriksa Pipa Rumah Anda

Sebenarnya, water heater membutuhkan dua saluran pipa untuk menjalankannya. Oleh karena itu, sebaiknya periksa dulu pemasangan pipa di rumah. Hal ini untuk menentukan apakah perlu tambahan pipa atau sudah cukup untuk memasang pemanas air.

Jika pemanas air dipasang di kamar mandi, perhatikan lokasi pemasangan pemanas air. Kami sangat merekomendasikan menempatkannya di dekat pancuran agar pipa air panas bekerja dengan baik.

Pilih Tahan lama dan Bergaransi

Pastikan produk yang Anda beli memiliki garansi yang cukup lama, seperti hingga 10 tahun terhadap kerusakan mesin. Tanyakan detail garansi apa saja yang didapat dan bagaimana proses klaimnya.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, pemanas air menjadi lebih canggih dan aman. Termasuk adanya termostat dan pemanas air dengan lapisan baja tahan karat yang tidak mudah terbakar.


Pilih Hemat Energi

Anda harus memilih pemanas air hemat energi untuk menghemat tagihan listrik bulanan Anda. Jika Anda ingin menggunakannya secara efisien, pemanas air gas dianjurkan. Namun, untuk keamanan dan kenyamanan tambahan, pemanas air listrik bersifat opsional. Secara khusus, pemanas air yang dilengkapi dengan teknologi hemat energi sekarang sudah banyak di pasaran seperti pemanas air tenaga surya.

Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment