Cara Mengaktifkan M Card Jenius Inilah Tips Aktivasinya

Kini Anda sudah mengerti perbedaan antara M Card dan dua jenis kartu lainnya. Cara mengaktifkan M Card Jenius juga sangat mudah sekali untuk dicoba.
Cara Mengaktifkan M Card Jenius Inilah Tips Aktivasinya

Apakah Anda pengguna Jenius? Jika iya mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kartu debit yang dikeluarkan oleh jenius. 

Kartu debit Jenius itu sendiri terdiri dari 3 jenis yaitu M Card, eCard dan xCard. Anda mungkin bertanya-tanya apa perbedaan dari ketiga jenis tersebut. Adapun cara mengaktifkan M Card Jenius juga akan dibahas di artikel ini. 

Perbedaan M Card dan Kartu Lainnya yang Dikeluarkan Jenius

Melihat dari pengertiannya terlebih dahulu m-card merupakan kartu debit utama dengan bentuk fisiknya warna orange sedangkan x card terdiri dari beberapa warna yaitu biru, hijau dan ungu. X-card itu sendiri merupakan kartu debit tambahan yang bisa Anda pilih sebagai pengguna atau nasabah Jenius.

Nah sedangkan yang terakhir eCard itu sendiri sesuai dengan namanya diistilahkan e karena eCard merupakan kartu debit virtual yang khusus digunakan untuk melakukan transaksi secara online. 

Adapun persamaan dari ketiga kartu debit yang dimiliki oleh Jenius ini adalah dapat terhubung ke jaringan visa serta memiliki fitur blokir ataupun buka blokir kartu seperti kartu debit pada umumnya yang dikeluarkan oleh lembaga perbankan. 


Hal Lain yang Perlu Anda Ketahui

Ketiga kartu ini memiliki pengaturan limit serta pengatur PIN yang akan Anda gunakan untuk mengakses atau melakukan transaksi pada aplikasi Jenius. Dari ketiga jenis kartu ini, kartu xCard mungkin yang terlihat sangat jelas perbedaan dan penggunaannya. Hal tersebut karena kartu xCard ini memiliki kegunaan sebagai kartu tambahan saja.

Jadi jika memang diperlukan Anda bisa memiliki kartu xCard ini sampai 3 kartu loh seperti warna yang disebutkan tadi. Jadi misalnya Anda membutuhkan kartu debit ini untuk mengelola alokasi pengeluaran Anda baik itu untuk transportasi, kebutuhan hiburan dan hal lainnya yang perlu dipisah-pisahkan Anda bisa memanfaatkan kartu xCard ini.

Hal lainnya juga yang bisa Anda lakukan misalnya Anda juga akan memberikan kartu debit kepada orang terdekat dan terpercaya, Anda bisa menggunakan xCard. Meski begitu Anda tetap bisa memantau pengeluaran yang dilakukan orang tersebut melalui fitur yang ada di card center milik Jenius. 

Anda juga bisa memblokir ataupun mengubah limit transaksi untuk kartu xCard yang dibicarakan tadi jika memang diperlukan. Sangat menarik bukan fitur canggih yang bisa digunakan? Nah untuk selanjutnya di bawah ini akan dibahas perbedaan dari M Card dan eCard.


Fungsi

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa M Card adalah kartu utama jadi kegunaan kartu ini digunakan sebagai kartu ATM yang biasa Anda gunakan pada umumnya. Jika Anda akan mengambil uang di ATM maka Anda bisa menggunakan M Card sedangkan eCard merupakan kartu debit namun bisa dikatakan sebagai kartu kredit?

Mengapa begitu? Hal tersebut karena e card ini berguna untuk melakukan transaksi online di berbagai ecommerce yang ada. Tidak hanya di ecommerce saja namun berbagai transaksi seperti membeli tiket atau pembayaran online lainnya dapat menggunakan e card. Meski kegunaannya mirip seperti kartu kredit namun sumber keuangan yang digunakan untuk bertransaksi berasal dari tabungan Anda sendiri oleh karena itu dikatakan bahwa eCard merupakan kartu debit. 

Tampilan

Sudah dikatakan juga dari segi tampilan sangat berbeda, M Card berbentuk fisik seperti kartu ATM pada umumnya, sedangkan eCard bentuknya non fisik atau virtual. Perlu Anda ketahui juga bahwa eCard terdapat di aplikasi yang sebelumnya bisa Anda unduh terlebih dahulu di Playstore selain itu meski terlihat dalam virtual namun eCard juga tidak bisa dicetak ya.

Masa aktif

Perbedaannya selanjutnya seperti yang diketahui bahwa setiap kartu ATM dari lembaga perbankan mana pun memiliki masa aktif hanya sampai 5 tahun saja. Jadi setelah itu jika tidak diaktifkan kembali, kartu tersebut untuk sementara belum bisa digunakan. 

Hal ini juga berlaku pada M Card namun pada eCard masa aktifnya sepanjang masa artinya eCard ini tidak memiliki masa kadaluwarsa. Jadi tidak ada pembatasan penggunaan sampai kapan kartu ini bisa digunakan. 


Bagaimana Cara Aktifkan M Card Jenius?

Nah selanjutnya bagi Anda yang ingin memiliki M Card dan sangat tertarik untuk memiliki kartu M Card Jenius. Di bawah ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkannya. 

1. Anda bisa menuju ke aplikasi Jenius

Jika sudah masuk ke aplikasi Jenius dan login dengan akun yang Anda miliki Anda bisa menuju ke menu card center.

2. Pilih kartu debit baru

Pada menu card center ini Anda bisa memilih kartu debit baru yang ada di daftar kartu. 


3. Pengecekan nomor

Selanjutnya Anda bisa mengecek kesamaan nomor kartu debit yang Anda miliki dengan yang tertampil di aplikasi Jenius. Jadi setelah Anda masuk ke aplikasi dan memilih daftar debit baru, nomor debit Anda akan terekam di aplikasi ini namun disarankan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah sudah sama dengan nomor yang ada pada kartu fisik yang Anda miliki atau tidak. 

4. Aktifkan

Jika sudah Anda bisa klik aktifkan kartu debit, setelah itu Anda akan diminta memasukkan kode CVV yang ada d belakang kartu debit Anda sebanyak 3 digit saja.

5. Aktivasi selanjutnya

Jika sudah Anda akan diminta juga memasukkan 6 digit kode yang akan digunakan sebagai PIN baru untuk kartu yang Anda miliki. Setelah itu pilih aktifkan dan selamat M Card Jenius Anda sudah aktif.

Itulah cara mengaktifkan M Card Jenius yang bisa dilakukan dengan cara mudah.
Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment