Jasa Edit Foto Online Cepat, Murah dan Berkualitas Pesan Sekarang

Table of Content

Cara Membuat Efin Online Dijamin Mudah dan Cepat

Agar wajib pajak bisa melakukan transaksi pajak dengan lancar maka perlu mengetahui cara membuat Efin online.
Cara Membuat Efin Online Dijamin Mudah dan Cepat

Cara membuat Efin online menjadi langkah mudah, yang bisa masyarakat gunakan saat ini. Di tengah perkembangan teknologi yang tinggi saat ini semua kegiatan bisa Anda lakukan secara online. Sehingga wajib pajak tidak perlu repot keluar rumah dalam pembuatannya.

Sebelumnya banyak pertanyaan tentang apakah bisa minta no EFIN secara online? Tentunya hal tersebut bukan perkara tidak mungkin di zaman sekarang. Saat ini semua proses administrasi dan kegiatannya tidak harus datang ke kantor perpajakan.

Bagi wajib pajak hal ini menjadi salah satu tahapan penting, agar bisa melakukan kewajiban pajak selanjutnya. Maka dari itu bagi Anda yang termasuk wajib pajak perlu memahami langkah pembuatannya secara tepat. Silahkan menyimak informasi lengkapnya di sini.


Tutorial Cara Membuat Efin Online Secara Mudah bagi Masyarakat

Sebelumnya mari kami jelaskan tentang definisi Efin lebih dahulu. Secara umum Efin merupakan sebuah nomor identitas dari wajib pajak. Hal ini akan membuktikan bahwa wajib pajak sudah terdaftar secara resmi dalam sistem perpajakan dan bisa melakukan transaksi.

Sehingga keberadaannya sangatlah penting agar wajib pajak bisa melakukan kewajiban dan haknya dalam bidang perpajakan. Lantas bagaimana cara membuat EFIN secara online? Bagi Anda yang ingin mengetahui langkah-langkahnya silahkan menyimaknya di bawah ini:

1. Unduh Formulir

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh formulir permohonan lebih dulu. Dalam prosesnya tahapan tersebut sudah bisa Anda lakukan secara daring, yaitu dengan masuk ke halaman browser pencarian lebih dulu.

Selanjutnya dalam kotak pencarian silahkan menulis “Formulir Permohonan EFIN” dan enter. Tunggulah beberapa saat sampai halaman permintaan Anda muncul. Di sini Anda akan menuju website resmi perpajakan, yaitu pajak.go.id.

Dalam platform tersebut Anda bisa mulai mengetahui cara membuat efin online secara mudah. Masuk ke laman formulir dan unduh file tersebut dengan scroll bagian bawah lalu klik “download”. Formulir ini untuk WP badan serta bendahara, WP pribadi dan kuasa.


2. Pengisian Formulir

Begitu selesai mengunduh formulir maka Anda harus mengisinya dengan data valid. Di dalamnya ada beragam kolom yang wajib Anda isi sebagai wajib pajak. Tujuannya adalah agar proses pembuatan ini berjalan lancar maka pastikan memasukkan data dengan benar.

Setelah selesai melakukan pengisian maka jangan lupa untuk memberikan tanda ceklis pada kolom verifikasi tersedia. Ada banyak data yang wajib Anda isikan dalam proses ini. Beberapa diantaranya adalah nama, tempat lahir, tanggal lahir, NPWP dan lainnya.

Selanjutnya pada bagian kolom permintaan nomor EFIN silahkan Anda kosongkan lebih dulu. Pastikan mengisi kolom email dan nomor telepon aktif karena kode pembuatannya nanti akan dikirimkan melalui email.

Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan secara elektronik beserta tempat dan tanggal pembuatannya. Cara membuat Efin online tergolong mudah sehingga lakukan pengecekan ulang, untuk memastikan data wajib pajak lagi.

3. Verifikasi Foto

Saat ini proses pembuatan dokumen pajak secara daring membutuhkan verifikasi data lebih lengkap. salah satunya adalah melakukan swafoto sendiri dan memegang NPWP serta KTP asli. Hal tersebut bisa Anda lakukan setelah selesai melakukan formulir dan tanda tangan.

Dalam tahapan tersebut pastikan untuk memperhatikan faktor cahaya dan kamera. Usahakan NIK KTP dan nomor NPWP terlihat dengan jelas ketika berfoto. Hal tersebut karena dalam proses verifikasi petugas akan mengecek nomor identitas tersebut.


4. Kirim Permohonan

Cara membuat Efin online berikutnya adalah mengirimkan permohonan Anda secara daring. Jika semua proses selesai silahkan mengirimkannya ke email Kantor Pelayanan Pajak tempat Anda terdaftar sebagai wajib pajak.

KPP tersebut adalah tempat Anda melakukan pembuatan NPWP sebelumnya. Selain itu wajib pajak juga bisa mengeceknya pada kartu NPWP. Namun jika masih bingung silahkan mengecek secara online pada browser dengan memasukkan kata kunci “Unit kerja KPP”.

Setelah itu lanjutkan dengan mengetahui informasi tentang email resminya. Hal tersebut bisa Anda lakukan setelah mengetahui KPP dan mencari informasinya pada website atau sosial media. Selanjutnya silahkan mengirimkannya secara online via email.

Tuliskan subjek berupa “Permohonan Email” agar pesan tersebut tidak dianggap sebagai spam. Lampirkan foto Anda beserta KTP dan NPWP dalam email.


5. Aktivasi

Tahapan cara membuat Efin online ini bisa Anda lakukan jika sudah mendapatkan balasan dari pihak KPP. Umumnya wajib pajak bisa mendapatkan balasan dengan kurun waktu 24 jam atau maksimal 48 jam. Email tersebut berisi kode EFIN untuk proses aktivasi.

Maka dari itu pastikan untuk melakukan permohonan di hari kerja. Selanjutnya silahkan melanjutkan aktivasi dengan masuk ke halaman DJP online. Lanjutkan melakukan pendaftaran dengan klik “Daftar di sini”.

Berikutnya masukkan nomor Efin, NPWP serta mode keamanan wajib pajak dan lakukan “Verifikasi”. Pastikan Anda membuat password login dan lakukan aktivasi melalui email. Berikutnya pada halaman DJP online silahkan masuk dengan NPWP dan password baru.

Pada dasarnya proses pembuatan Efin dan aktivasinya menjadi penting bagi wajib pajak. Agar semua transaksi pajak bisa Anda lakukan dengan maka pastikan mengetahui cara membuat Efin online.

Post a Comment