Jasa Edit Foto Online Cepat, Murah dan Berkualitas Pesan Sekarang

Table of Content

Jenius vs Digibank, Mana yang Terbaik?

Membuat rekening tabungan tidak lagi harus repot mengantre panjang di bank, Anda bisa membuat rekening online melalui aplikasi Jenius atau Digibank.
Jenius vs Digibank, Mana yang Terbaik?

Daringspot.com - Sebagai bukti dari kemajuan teknologi, Jenius dan Digibank merupakan produk digital banking yang paling dikenal saat ini untuk membantu kemudahan bertransaksi. Lalu, Jenius vs Digibank, manakah yang lebih baik di antara keduanya?

Pada artikel ini, kami akan merangkum pengertian, kelebihan, dan kekurangan dari Jenius dan Digibank untuk mengetahui kegunaan masing-masing mobile banking ini.

Jenius BPTN

Jenius adalah produk dari Bank BPTN dalam bentuk aplikasi mobile banking. Jenius dilengkapi dengan kartu debit VISA yang memiliki fungsi sama seperti kartu debit pada umumnya, yaitu bisa melakukan transaksi finansial, seperti menabung dan bertransaksi.

Meskipun memiliki fungsi sama seperti rekening bank lainnya, tetapi Jenius punya keunggulan untuk membuatnya rekening tidak perlu datang dan mengantre panjang di Bank. Anda bisa mendaftar dan mengatur segalanya melalui smartphone.

Berikut ini kelebihan dan kelemahan Jenius untuk mengetahui mana yang terbaik dari Jenius vs Digibank.


Kelebihan Jenius BPTN

Berikut ini merupakan kelebihan dari Jenius, yaitu:

1. Bebas Biaya Administrasi 

Anda tidak perlu khawatir harus mengeluarkan biaya lebih untuk pembukaan rekening dan penutupan rekening karena Jenius bebas biaya.

Tidak harus ada saldo awal, denda saldo minimum, biaya pembuatan kartu, dan tentu saja bebas biaya tarik tunai dan transfer antar bank sampai batas 25 kali per bulan.

2. Terdapat Fitur Pengelolaan Keuangan

Aplikasi Jenius memiliki fitur yang baik untuk pengelolaan keuangan Anda. Fitur tersebut adalah:

  • Split Bill: Berfungsi untuk membagi tagihan Anda secara adil antara teman atau keluarga setelah hang out bersama.
  • Card Center: Berfungsi untuk mengatur semua aktivitas kartu debit, seperti pengaturan limit transaksi, limit tarik tunai, buka blokir, termasuk blokir sementara dan permanen kartu debit.

3. Nama Rekening Sebagai Nomor Rekening

Anda tidak harus menghafal nomor rekening yang panjang, Jenius menggunakan nama rekening sebagai pengganti nomor rekening. Untuk mengetahuinya, cek di menu 'Akun Kamu', nama rekening ada di samping tulisan $Cashtag.

4. Sudah Terdaftar di OJK 

Meskipun prosesnya serba online melalui smartphone, soal tingkat keamanan data, Jenius sudah terdaftar dan berizin resmi di Otoritas Jasa Keuangan.

5. Tingkat Keamanan Berlapis

Jenius menerapkan 3 autentikasi seperti:

  • Fingerprint
  • PIN dan password
  • Limit transaksi tertentu wajib menggunakan password

6. Rekening Valas Otomatis

Anda bisa mengaktifkan Valas tanpa perlu ke bank selama hari kerja, mulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB. Saat mengaktifkan fitur ini, harus ada setoran awal tergantung dari jenis valasnya.


Kelemahan Jenius BPTN

  1. Terdapat biaya Admin jika saldo kurang dari 1 juta rupiah.
  2. Harus ada saldo minimum 1 juta rupiah untuk menikmati keuntungan dari Jenius seperti bebas biaya admin transfer antar bank.

Digibank DBS

Digibank merupakan produk yang dikeluarkan oleh DBS Singapura berupa aplikasi mobile banking yang menawarkan berbagai fitur kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi. 

Untuk mengetahui mana yang terbaik dari Jenius vs Digibank, simak kelebihan dan kelemahan Digibank berikut ini.

Kelebihan Digibank DBS

Berikut ini beberapa kelebihan Digibank yang bisa Anda nikmati:

1. Semua Bisa Dilakukan Dalam Satu Aplikasi

Anda bisa melakukan banyak kegiatan transaksi lewat satu aplikasi mobile banking Digibank, seperti transfer, belanja online, promo, dan tracking spending, sampai monitor rekening dan kartu kredit.

2. Keamanan Berlapis 

Masuk ke aplikasi Digibank harus menggunakan Password, tetapi Digibank juga menyediakan sensor sidik jari yang bisa terbaca melalui NFC.

3. Pinjaman KTA

Nasabah bisa mengajukan KTA melalui aplikasi Digibank di bagian Pengajuan KTA. Namun, sifatnya adalah pengajuan, nantinya pengajuan Anda akan dilakukan seleksi. Fitur ini hanya dilakukan oleh nasabah terpilih.

4. Bebas Biaya Transfer Valas

Jarang sekali ada bank yang menyediakan bebas biaya transfer valas. Digibank adalah salah satu yang memberikan layanan bebas biaya transfer valas.

5. Kartu Kredit Digital

Digibank memberikan tawaran kartu kredit digital yang dilengkapi fitur:

  • Approval kartu kredit digital 60 detik
  • Setelah verifikasi selesai, kartu kredit digital bisa langsung digunakan
  • Kartu Kredit fisik akan diterima selambatnya-lambatnya 14 hari kerja
  • Atur limit belanja melalui fitur Stay In Control
  • diaktivas
  • Ubah transaksi jadi cicilan hingga 60 bulan di fitur Pay Your Way dengan syarat kartu kredit fisik sudah diaktivasi
  • Gratis iuran pertama dengan syarat lakukan belanja minimum 1 juta dalam 60 hari sejak aktivasi


Kelemahan Digibank DBS

  1. Pembukaan rekening 100% dilakukan online tanpa ada tatap muka dengan Customer Service untuk verifikasi, di bank lain bisa dilakukan dengan video call.
  2. Ada biaya admin Rp. 10.000 setiap bulan jika saldo di bawah 5 juta rupiah.
  3. Minimum saldo tergolong tinggi, yaitu 5 juta rupiah.

Perbandingan Jenius dan Digibank

Jenius memiliki kelebihan di mana saldo minimum lebih rendah dibandingkan Digibank, yaitu 1 juta rupiah tetapi tanpa biaya admin. Sedangkan Digibank harus 5 juta rupiah disertai biaya admin apabila kurang dari saldo minimum.

Untuk Digibank, memiliki kelebihan biaya gratis transfer valas ke luar negeri dan bisa untuk kartu kredit. Sedangkan Jenius harus ada setoran awal ketika mengaktifkan fitur transfer valas dan tidak menyediakan kartu kredit.

Meskipun begitu, keduanya memiliki fitur lengkap, berizin resmi, dan diawasi OJK.

TMRW UOB

Selain Jenius dan Digibank, ada juga TMRW yang merupakan produk Bank UOB. Lalu, TMRW vs Jenius vs Digibank, manakah yang paling unggul?

TMRW memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Jenius dan Digibank dalam satu rekening, seperti bebas biaya admin dan transfer, tidak ada syarat saldo minimum untuk menikmati bebas biaya, tersedia kartu kredit, dan fitur lengkap.

Hanya saja, memiliki kelemahan tidak bisa untuk pengajuan KTA, investasi, dan rekening valas.


Kesimpulan

Itu dia penjelasan mengenai Jenius vs Digibank. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan Anda bebas memilih ingin menggunakan yang mana setelah membaca penjelasan di atas.

Post a Comment