Jasa Edit Foto Online Cepat, Murah dan Berkualitas Pesan Sekarang

Table of Content

Pinjaman Dompet Kilat Mengantongi Izin OJK

Pinjaman Dompet Kilat sudah memiliki izin resmi dari OJK sehingga seluruh kegiatan operasionalnya tunduk pada aturan yang ditentukan AFPI.
apakah-dompet-kilat-terdaftar-ojk

Bila mendengar tentang pinjaman online tentu saja yang langsung terbesit di pikiran kalian adalah mengenai keamanannya. Hal itu juga kerap menjadi bahan pertanyaan ketika akan menggunakan pinjaman Dompet Kilat.

Pertanyaan tersebut memang wajar mengingat pinjaman online ini walaupun memberikan kemudahan namun dibalik itu memiliki risiko yang tidak kalah besar. Bahkan pinjol yang ilegal dan tidak memiliki izin dari OJK sangat rentan melakukan penipuan. Untuk solusi pinjaman aman maka bisa menggunakan aplikasi Dompet Kilat.


Apa Itu Dompet Kilat?

Dompet Kilat merupakan pinjaman online aman karena telah memiliki izin, terdaftar serta diawasi OJK, dan izin lainnya yang membuat pinjaman online ini aman untuk digunakan.

Bagi yang belum merasa yakin mengenai pinjaman Dompet Kilat maka berikut ini adalah penjelasannya soal keamanan yang dimiliki.

Memiliki Izin dan Terdaftar OJK

Izin yang dimiliki tadi menunjukkan perusahaan pinjol ini legal dan resmi. Penyelenggara fintech yang sudah terdaftar tentunya wajib tunduk kepada aturan baik itu POJK, ataupun undang-undangan yang sedang berlaku.

Sudah barang tentu ketika Dompet Kilat melakukan pelanggaran maka dikenakan sanksi oleh OJK. Informasi terkait dengan perizinan OJK dapat dilakukan lewat dua sumber yaitu.

  • Situs resmi Dompet Kilat
  • Situs resmi OJK


Suku Bunga Transparan

Informasi terkait perhitungan bunga dilakukan dengan transparan. Nantinya calon peminjam akan mudah melihat mengenai jumlah yang perlu untuk dibayarkan ketika mengambil plafon kredit tertentu.

Pada halaman depan situs Dompet Kilat ada kalkulator untuk perhitungan simulasi kredit. Calon peminjam dapat menghitung besaran dari pembayaran kredit berdasar pada simulasi plafon serta tenor.

Informasi terkait bunga yang transparan di awal bisa membantu peminjam untuk menghitung sendiri kemampuan untuk pembayaran ketika mengambil pinjaman.

Pembatasan Bunga Max 0,4% per Bulan

Ketentuan resmi FPI mengatakan bunga pinjaman paling besar yaitu 0.4% per harinya dan tidak boleh lebih dari itu.

Seluruh perusahaan pinjol yang memiliki izin resmi OJK pastinya mengikuti ketentuan tersebut. sehingga pembatasan bunga tadi membuat perusahaan tidak dapat seenaknya menaikkan suku bunga.


Perlindungan Kebijakan Privasi

Bagaimana caranya supaya Dompet Kilat dapat melindungi data pribadi penggunanya? Terdapat dua cara untuk pengambilan data penggunanya. Pengambilan data sesuai kebijakan OJK saja dan pengolahan data ditampilkan secara transparan lewat Kebijakan Privasi.

Alamat Kantor Pinjaman Dompet Kilat Jelas

Perusahaan memiliki alat kantor jelas dan bisa dicek lewat situs ataupun aplikasi. OJK memiliki peraturan jika pinjaman online resmi harus wajib mempunyai kantor jelas bukan apartemen ataupun yang tidak jelas alamatnya.

Lokasi pinjaman online berizin OJK sudah jelas dan telah disurvei OJK dan dengan mudah diketahui informasinya di Google.

Tersedia Layanan Pelanggan

OJK memberikan kewajiban pinjol memiliki kebijakan mengenai layanan pelanggan customer service profesional. Perusahaan diharuskan memiliki SOP guna menangani keluhan konsumennya dan ini dapat di cek melalui aplikasi ataupun situs mengenai layanan pelanggan dan bagaimana cara menghubunginya.

Tidak hanya layanan pelanggan, terdapat SOP yang wajib dimiliki pinjaman resmi tentang bagaimana caranya mengatasi komplain nasabah dan berapa lama waktunya dan bagaimana proses penanganannya.


Penagihan Gagal Bayar Sesuai Kode Etik Asosiasi

Salah satu yang menjadi kekhawatiran peminjam adalah penagihan ketika gagal bayar atau lebay. Terlebih lagi sudah banyak dijadikan soal penagihan pinjol yang tidak manusiawi.

Pinjaman resmi boleh melakukan penagihan ketika nasabah galway, namun tetap harus tunduk kepada kode etik AFPI. Tujuan pengaturan serta kode etik tadi guna memastikan perlindungan pada konsumen supaya dapat berjalan secara baik dan tidak disalahgunakan oleh penagih.

Di dalam penagihan tentunya perlu memanggil peminjam supaya menghadiri pertemuan, maka hal wajib yang perlu diperhatikan adalah.

  • Pertemuan dilakukan pada kantor penyelenggara
  • Ruang pertemuan dipasangi CCTV
  • Semua pembicaraan serta pertemuan direkam serta dibuat menjadi berita acara yang diketahui pihak terkait.

Masing-masing staf penagihan ada berada pada bawah naungan perusahaan penyedia jasa penagihan dan menangani penagihan perlu menandatangani pakta integritas dan perjanjian kerahasiaan.

Perusahaan penyedia jasa untuk penagihan melakukan koordinasi bersama penyelenggara perlu mengadakan pelatihan berkala baik untuk tenaga penagih yang melakukan penagihan untuk penyelenggara dengan tujuan meningkatkan kemampuannya serta memastikan kepatuhan pada aturan yang berlaku.

Perusahaan jasa penagihan yang menghadirkan jasa berupa field collection atau desk collection untuk penyelenggara P2P, wajib mendapatkan sertifikasi keanggotaan AFPI.

  1. AFPI melakukan review pada dokumen serta kunjungan pada lokasi penyedia jasa ketika diperlukan.
  2. AFPI berhak mencabut sertifikasi keanggotaan yang sudah diberikan jika ketahuan melakukan pelanggaran oleh penyedia jasa.
  3. AFPI berhak untuk melakukan audit pada penyedia jasa pada jangka waktu yang nantinya lebih lanjut diatur oleh AFPI.


Pengurus Pinjaman Dompet Kilat Professional

Direksi serta komisaris penyelenggara Dompet Kilat yang sudah terdaftar atau berizin OJK diharuskan mempunyai pengalaman minimal 1 tahun pada Industri Jasa Keuangan pada level manajerial.

Tidak hanya pengalaman namun Direksi serta Komisaris P2P juga perlu lolos fit and proper test OJK guna menjadi pengurus pada perusahaan. Terdapat proses screening yang berguna untuk memastikan yang duduk menjadi pengurus merupakan orang berkompeten pada bidangnya.

Itulah beberapa alasan kenapa pinjaman Dompet Kilat itu aman untuk digunakan karena memang sudah memiliki izin OJK dan secara otomatis dalam kegiatan operasionalnya tunduk terhadap aturan yang ada.

Jadi jangan takut kalian akan merasa dirugikan terutama saat penagihan. Namun tetap saja pinjaman online ada risikonya sendiri dan itu perlu dijadikan bahan pertimbangan ketika akan meminjam.

Post a Comment