Jasa Edit Foto Online Cepat, Murah dan Berkualitas Pesan Sekarang

Table of Content

Berbagai Penyebab Pinjaman BRI Ceria Ditolak & Cara untuk Mengatasinya

Pengajuan pinjaman BRI Ceria ditolak disebabkan oleh banyak hal dan cara mengatasinya akan berbeda-beda antara satu dengan lainnya.
Berbagai Penyebab Pinjaman BRI Ceria Ditolak Beserta Cara untuk Mengatasinya

BRI Ceria ditolak disebabkan oleh banyak hal. BRI Ceria merupakan sebuah aplikasi pinjaman online yang dibuat oleh BRI. Suku bunga pinjaman yang ditawarkan oleh aplikasi ini termasuk rendah, yaitu ada diangka 1,42 persen.

Sedangkan untuk limit pinjamannya sekitar 500 ribu hingga 2 juta saja dengan periode jatuh tempo 1 tahun saja. Proses verifikasi pengajuan layanan Ceria tidak lama. Pertanyaannya, berapa lama verifikasi BRI Ceria?

Sistem memerlukan waktu normal dalam memproses pengajuannya sekitar 10 menit saja. Walaupun proses pengajuannya sebenarnya mudah, tapi masih banyak orang yang mengalami penolakan karena berbagai alasan. Bila Anda salah satunya, bisa menyimak pembahasan berikut.


Inilah Berbagai Penyebab Pinjaman BRI Ceria Ditolak Beserta Cara Mengatasinya

Bagaimana agar lolos BRI Ceria?

Cara mengatasi penolakan pengajuan pinjaman kepada BRI Ceria itu berbeda-beda tergantung penyebabnya apa. Inilah berbagai penyebabnya beserta cara mengatasinya yang penting untuk diketahui:

1. Pengisian Data Diri Kurang Lengkap

Penyebab BRI Ceria ditolak pertama yaitu pengisian data dirinya kurang lengkap. Ketika mengajukan pinjaman akan ada form yang wajib diisi dengan lengkap. Tidak hanya lengkap saja, tapi juga harus sesuai fakta kondisi sebenarnya.

Bila pengisiannya tidak lengkap, pengajuan pinjaman tidak dapat dilanjutkan menuju proses selanjutnya alias ditolak. Untuk itulah sebaiknya pastikan ulang bahwa Anda sudah mengisikan informasi data diri dengan benar sebelum melakukan submit.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penolakan. Bila sudah terlanjur submit dan muncul penolakan, isikan ulang data diri atau formulir. Pastikan seluruh data yang dituliskan telah sesuai untuk meminimalisir kemungkinan ditolak lagi.


2. Mempunyai Tagihan Pinjaman BRI Lainnya yang Belum Diselesaikan

Pihak bank BRI akan mempertimbangkan nasabah yang masih mempunyai tagihan pinjaman lainnya dan belum diselesaikan. Hal seperti ini menjadi pertimbangan karena dikhawatirkan nasabah tidak mampu melunasi pinjaman sesuai seharusnya.

Sebab, jumlah cicilan kredit yang harus nasabah tersebut selesaikan cukup banyak. Pengajuan BRI Ceria ditolak karena alasan satu ini bisa diatasi dengan cara menyelesaikan atau melunasi tagihan pinjaman lain yang masih berlangsung lebih dulu.

3. Belum Memenuhi Syarat

Ketika mengajukan pinjaman ke aplikasi satu ini, Anda harus memenuhi berbagai persyaratan. Jadi, bila ada yang bertanya, bagaimana agar lolos BRI Ceria? Salah satunya adalah dengan memenuhi syarat-syaratnya.

Diantaranya, KTP aktif, usia minimal 21 tahun maksimal 50 tahun, punya ponsel Android minimal versi 4.0 Kitkat, merupakan WNI dan individu serta nasabah tabungan BRI. Nantinya akan diperlukan pengunggahan swafoto dan KTP pada aplikasi.

Sebaiknya cermati dengan lebih teliti kebutuhan dokumen yang perlu diunggah dan diisi apa saja agar terhindarkan dari BRI Ceria ditolak. Tampaknya memenuhi persyaratan tersebut mudah, tapi banyak nasabah yang gagal karena kurang teliti.

Salah satu penyebab kegagalannya, hasil unggahan KTP dan swafoto terlihat buram. Hal ini akan membuat sistem tidak dapat mendeteksinya. Jadi, cara mengatasi permasalahan seperti ini berarti Anda harus memenuhi syaratnya sesuai yang diminta.


4. Skor Kredit Dibawah Nilai Minimum

Penyebab pinjaman BRI Ceria ditolak lainnya yaitu skor kredit dibawah nilai minimum. Skor kredit merupakan nilai atau skor yang menggambarkan skill nasabah terkait dalam melunasi pinjamannya.

Melalu pertimbangan informasi yang ada serta berbagai variabel, skor kredit ini akan menentukan disetujui atau tidaknya pengajuan pinjaman. Bila ternyata hasilnya tidak memenuhi nilai minimum skor, pengajuan akan ditolak.

Salah satu alasan mengapa skor kredit dibawah nilai minimum yaitu masih ada tanggungan pinjaman lain. Penting dipahami bahwa skor kredit ini berlaku skala nasional serta menyeluruh.

Artinya, pengajuan pinjaman akan sulit di ACC bila masih memiliki tanggungan pinjaman di bank lain yang belum lunas. Cara mengatasinya yaitu dengan menyelesaikan pinjaman tersebut, baru sesudah lunas mengajukan pemutihan SLIK atau BI Checking di OJK.

5. Penghasilan Tidak Memenuhi Batas Minimal

BRI Ceria ditolak bisa karena alasan penghasilan tidak memenuhi batas minimal. Salah satu syarat penting yang harus dipenuhi sebelum mengajukan pinjaman di aplikasi ini yaitu mempunyai pekerjaan dengan minimal penghasilan berjumlah 3 juta.

Kemungkinan besar pengajuan akan ditolak bisa penghasilan nasabah kurang dari 3 juta. Solusi mengatasi permasalahan ini yaitu dengan menuliskan pendapatan berjumlah minimal 3 juta. 

Nantinya pengajuan akan langsung diproses dan diterima. Tapi, sebaiknya jangan melakukan mark-up pendapatan. Sebab, adanya batas minimal ini menunjukkan kemampuan dalam melunasi pinjaman nantinya.


6. Sistem Sedang Mengalami Eror

Ketika sistem aplikasi sedang mengalami eror, sangat memungkinkan pengajuan pinjaman BRI Ceria ditolak. Beberapa bentuk erornya seperti scan data yang dilakukan oleh sistem sedang bermasalah atau gagal saat login.

Mengenai sistem eror, tidak bisa dipastikan kapan selesai perbaikannya. Sebab, tergantung dari pihak bank BRI. Jadi, bila pengajuan Anda ditolak karena penyebab satu ini, solusinya adalah menunggu sampai sistem tidak eror.

7. Ditemukan Adanya Pelanggaran

Setiap penyedia layanan pinjaman online itu mempunyai syarat dan ketentuan yang bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya, termasuk BRI Ceria ini. Fasilitas pinjaman yang mereka tawarkan hanya untuk transaksi toko online.

Terutama di berbagai merchant tertentu yang sudah ditunjuk. Nasabah tidak bisa mencairkannya dalam bentuk cash dengan cara apapun. Termasuk juga tidak boleh dicairkan dalam bentuk gesek tunai.

Agar terhindar dari pengajuan pinjaman baru BRI Ceria ditolak, sebaiknya jangan coba-coba untuk mencairkannya. Jangan pernah melakukan tindakan pencairan kredit lain yang terindikasi penipuan supaya pengajuan segera di ACC.


8. Masuk Blacklist BI Checking atau OJK

Proses pengajuan pinjaman bisa ditolak bila nama Anda masuk ke dalam blacklist BI checking maupun OJK. Penting dipahami bahwa BRI Ceria mempunyai data nasabah yang masuk ke dalam daftar blacklist.

Terkait penentuan blacklist didasarkan pada berbagai faktor. Sedangkan pengumpulan informasinya sendiri dari berbagai sumber. Tapi, mayoritas nasabah yang masuk ke dalam daftar blacklist yaitu tidak mau membayarkan tagihannya.

Artinya, mereka pernah mengajukan pinjaman kepada BRI Ceria, tapi hasilnya buruk. Bila di kemudian hari mereka mengajukan pinjaman lagi, kemungkinan besarnya akan ditolak karena sudah masuk dalam daftar hitam.

Bila Anda bingung apa penyebab penolakan tersebut, bisa menanyakannya langsung kepada pihak customer service BRI Ceria. Cara menanyakan penyebab BRI Ceria ditolak bisa lewat nomor 14017 atau 1500017 maupun alamat email callbri@bri.co.id.

Post a Comment